Musran III IBI Ranting Puskesmas Perawang, Liza Silvianti: Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan

Hermansyah
500 view
Musran III IBI Ranting Puskesmas Perawang, Liza Silvianti: Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan
Musran III IBI Ranting Puskesmas Perawang di Highland Hotel Tualang.

SIAK, datariau.com - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting Puskesmas Perawang dan RSUD Type D Tualang melaksanakan Musran ke-III yang berlangsung di Highland Hotel Tualang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, pada Selasa (23/2/2021) pagi.

Musran ke-III IBI Ranting Puskesmas Tualang dan RSUD Type D Tualang, Kecamatan Tualang pagi itu, dihadiri oleh Camat Tualang Zalik Effendi SSos yang di wakilkan Sekcam Tualang Ari Dermawan dan Ketua IBI Kabupaten Siak.

Musyawarah ranting ke-III IBI Ranting Puskesmas Perawang kali ini, mengangkat tema, 'Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Maternal dan Neonatal'. Dan di ikuti seluruh bidan, baik di Puskesmas maupun RSUD Kecamatan Tualang.

Dimana Ketua Ranting Puskesmas Perawang terpilih periode 2018-2023 dari jumlah pemilih sebanyak 29 suara, dengan suara terbanyak pertama, yakni Liza Silvianti STr. Keb dengan total 25 suara.

Sementara itu, untuk Ketua Ranting RSUD Type D Tualang terpilih 2018-2023 dengan jumlah pemilih sebanyak 17 suara, dengan suara terbanyak, yakni Sri Sulistiani dengan total 8 suara.

Usai giat tersebut, Sekertaris Kecamatan Tualang Ari Dermawan ditemui media ini mengatakan, Pemerintahan Kecamatan Tualang IBI sebagai ujung tombak di masyarakat.

"Kita berharap IBI ini menjadi ujung tombak kita (kecamatan) dalam menyampaikan informasi menepis berita tak benar atau hoax masalah pelayanan kesehatan terkait vaksinasi dimasa pandemi covid-19 saat ini," ucap Ari.

Sekcam Tualang menyebutkan, tidak ada jalan lain dan terbaik pemerintah selain dengan jalan vaksinasi ini. Dan IBI mampu menyampaikan dan mensosialisasikan vaksinasi ke masyarakat dengan betul agar dapat dilakukan segera vaksinasi tersebut.

"Jangan kwatir, vaksinasi ini bagus, baik, aman dan halal. Dan di masyarakat selepas vaksinasi terlepas dari masa pandemi," tandasnya.

Dikatakan Ari, sumpah kedinasan bidan dalam persalinan untuk menolong dan kebaikan itu harus di utamakan.

Ketua Ranting Puskesmas Perawang terpilih Liza Silvianti STr. Keb ditemui menyebutkan, bidan khususnya menjadi garda terdepan bagi kesehatan, baik bagi ibu dan anak.

"Harapan saya semoga bidan menjadi garda terdepan bagi kesehatan ibu, dan anak serta membantu pelayanan kesehatan di masyarakat Tualang," kata Liza Silvianti.

Selain itu, semoga bidan selalu tetap kompak sesuai dengan aturan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Tentunya menjalankan tupoksi bidan sesuai dengan Permenkes.

"Kepada bidan praktek mandiri dapat bekerjasama dengan lintas sektor yang ada di Kecamatan Tualang membantu dalam pelayanan persalinan, dan kehamilan sesuai SOP juga aturan yang ada," ujarnya.

Ketua Ranting Puskesmas Perawang itu menjelaskan, dimasa pandemi covid-19 saat ini, agar praktek mandiri tetap mematuhi protokol kesehatan di tempat tempat praktek mandiri maupun klinik swastanya.

Selain itu, imbauan bagi masyarakat agar membantu mengatasi pandemi ini, melalui pemerintah yang telah menerapkan dan menjalan vaksin. Untuk vaksinasi lanjutan nanti akan dilakukan pada bulan Maret khususnya bagi Kecamatan Tualang.

"Selesai tahapan vaksinasi terhadap tenaga medis, maka selanjutnya akan dilakukan vaksin terhadap masyarakat, dan berharap masyarakat agar tidak menerima kabar atau berita tidak benar," ucap Liza Silvianti.

"Tentunya mencari berita kebenaran tentang vaksin ini, karena vaksin ini sangat membantu dan berguna," pungkasnya.(*)

Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com