Begini Cara Ampuh Lindungi Bayi saat Pandemi Covid-19

Midas
44 view
Begini Cara Ampuh Lindungi Bayi saat Pandemi Covid-19
Foto bayi baru lahir di pasangkan face shiled

KAMPAR Datariau.com - Saat ini jumlah kasus virus corona kian bertambah. Tak hanya menyerang orang dewasa, bebeberapa kasus virus corona juga menyerang bayi. Demi menghindari hal tersebut, berikut ini beberapa langkah pencegahan untuk mengurangi risiko penularan virus pada buah hati.

Pemerintah pusat hingga Pemerintah Daerah terus melakukan berbagai macam langkah untuk mencegah penularan Covid 19, kak terkecuali Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Melalui Perbup no 44 Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Kampar menyiapkan sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan.

Tetapi tidak dengan bayi, mereka belum bisa memakai masker dan terkena campuran bahan kimia. Lalu bagaimana cara yang benar untuk melindungi mereka dari virus corona?

Berikut ini beberapa cara yang dilansir dari Texas Children’s Hospital, demi menjaga kondisi bayi agar tetap sehat di tengah pandemi.

1. Pastikan vaksin untuk bayi

Banyak orang tua yang berpikir bahwa lebih baik menunda vaksin untuk sementara waktu, demi menghindari penularan virus corona. Padahal, kenyataannya jauh lebih baik jika bayi tetap menerima vaksin tepat waktu.


Vaksin bertujuan untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit, salah satunya seperti cacar air, polio, dan meningitis.

Namun memang diketahui bahwa saat ini peningkatan jumlah kasus pasien positif Covid-19 justru makin bertambah. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter tentang waktu yang tepat untuk memberikan vaksin.

Kamu bisa melakukan konsultasi secara online terlebih dahulu sebelum ke rumah sakit untuk melakukan vaksin, terutama bila si kecil sedang mengalami demam atau sakit yang lain.

2. Rajin konsultasi dengan dokter

Jika sebelum pandemi hampir setiap waktu banyak orang tua pergi ke rumah sakit untuk melakukan konsultasi tumbuh kembang bayi, saat ini justru sudah sangat berkurang.

Alasannya karena rumah sakit menjadi tempat paling berbahaya bagi bayi, banyak virus dan bisa terjadi penularan yang sangat cepat. Hal itu disebabkan karena imunitas bayi belum sekuat orang dewasa.

Namun, sangat disarankan kamu tetap melakukan konsultasi dengan dokter secara online. Ketika pandemi virus corona ini terus menyebar, beberapa dokter mulai menerapkan pengalihan jadwal kunjungan melalui virtual.

Banyak orang tua yang memanaatkan layanan daring agar tetap bisa terus mengetahui perkembangan bayi. Cara virtual ini semakin mudah, karena dokter tetap bisa bertatap langsung dengan bayi melalui video.

Selain dinilai aman, sejauh ini cara konsultasi online memang paling efektif. Selain mewadahi pelayanan kesehatan dari dokter untuk permasalahan bayi, konsultasi online juga efektif menghindari risiko penularan silang antar pasien dan dokter.

3. Hindari membawa bayi ke tempat ramai

Tempat ramai memang sangat berbahaya bagi bayi, hal itu karena penularan akan lebih cepat terjadi ketika tidak ada jarak antara satu sama lain. Bagi kamu yang memiliki bayi sangat disarankan untuk tetap berada di dalam rumah saja.


Namun jika keadaan mendesak, orang tua harus keluar rumah serta membawa bayi pastikan bayi mendapatkan perlindungan yang cukup aman. Kamu sebagai orang tua hindari melakukan kontak fisik dengan orang asing ya.

Tak hanya itu, orang tua juga harus selalu mencuci tangan dan menggunakan masker. Apalagi ketika menggendong bayi, pastikan tangan hingga pakaian yang kamu pakai bersih.

Kamu juga bisa membiarkan bayi berada dalam kereta dorongnya dan tidak menyentuh permukaan apapun selama berada di luar rumah.

4. Penuhi keperluan bayi saat pandemi

Keperluan seperti tisu, susu, hingga popok menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak boleh habis. Adanya pandemi ini tentu membuat kamu harus mengurangi kebiasaan untuk berbelanja keluar rumah.

Jadi pastikan, belanja kebutuhan bayi yang pokok. Minimal kamu memilikii deretan persediaan yang dibutuhkan untuk dua atau tiga minggu kedepan.

Tips lainnya, karena teknologi semakin canggih, para orang tua juga bisa memanfaatkan toko online untuk membeli keperluan sesuai yang dibutuhkan bayi untuk persediaan beberapa minggu.

5. Rajin mencuci mainan anak

Bayi memang sering memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut salah satunya makanan. Agar bayi kamu terhindar dari virus corona, rajinlah untuk mencuci barang hingga mainan yang sering digunakan.

Kamu bisa mencucinya sendiri di rumah dengan menggunakan sabun, kemudian keringkan. Atau cara lain kamu bisa membawa deretan mainan tersebut untuk dicuci di laundry.

Alat makan dan minum juga harus direbus dahulu sebelum digunakan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah anak tertular penyakit, terutama jika anak sering memasukkan benda ke dalam mulutnya.

Editor
: Mirdas Aditya
Sumber
: shutterstock.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com