Galeri Foto DPRD Kampar

Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kampar Dalam Rangka HUT Ke-71 Kabupaten Kampar Tahun 2021

Midas
131 view
Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kampar Dalam Rangka HUT Ke-71 Kabupaten Kampar Tahun 2021
Foto: Mirdas Aditya
Suasana sidang paripurna istimewa HUT ke-71 Kabupaten Kampar di DPRD Kampar, Sabtu (6/2/2021) pagi.

BANGKINANG KOTA, datariau.com - DPRD Kabupaten Kampar menyelenggarakan sidang paripurna istimewa bersempena Hari Jadi ke-71 kabupaten Kampar tahun 2021, di gedung DPRD Kampar tepat pukul 10.00 WIB, Sabtu (6/2/2021).

Pelaksanaan Sidang Paripurna Istimewa HUT ke-71 Kabupaten Kampar tahun 2021 ini tampak berbeda dari tahun sebelumnya. Karena dilaksanakan di saat pandemi covid-19, sidang paripurna menerapkan protokol kesehatan, tidak banyak tamu yang diundang, karena juga dilakukan secara virtual.

Dekorasi dan tamu undangan dibatasi. Agar tidak menyebabkan kerumunan, hanya pejabat-pejabat tertentu yang diundang dalam ruangan, semebtara para Camat dan Kepala Desa mengikuti rapat paripurna secara virtual.

Hadir dalam paripurna istimewa ini Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri MSi dan Forkopimda.

Sidang paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST. Disampaikan Faisal, karena pandemi covid maka sidang paripurna istimewa tahun ini berlangsung secara terbatas dan dilakukan secara virtual karena menerapkan protkes, guna meminalisir penyebaran Covid-19.

"Semoga menjadi media introfeksi kita bersama untuk selalu melakukan hidup bersih. Selain itu peringatan HUT ke-71 Kampar tahun untuk mengenang para penggagas dan pendiri juga menjadi momentum dan sumber informasi dan menjadi perbaikan menuju Kampar lebih maju. Basamo mambolo nagoghi, menjadi tekad bersama untuk bisa maju di segala bidang," tuturnya.

Ketua DPRD Muhammad Faisal mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama ikut berkontribusi membangun Kampar. Sebab menurut Faisal, Kampar harus maju dan bangkit, bersatu padu dalam kebersamaa dan keberagaman.

"Apa yang kurang kita benahi bersama, insya Allah kita bisa lebih berinovasi dan menggali potensi-potensi daerah serta senantiasa melibatkan masyarakat umum yang ada di Kabupaten Kampar, jangan sampai kita menjadi penonton di negeri sendiri," kata Faisal.

Adapun tema HUT ke-71 Kabupaten Kampar tahun 2021 ini yaitu "Basamo Mambolo Nagoghi" yang merupakan bahasa daerah Ocu Kampar jika diartikan dalam bahasa nasional "Bersama memelihara negeri".

"Tema ini merupakan tekad kita bersama untuk segera mewujudkan Kabupaten Kampar yang maju di segala bidang. Kita menyadari pandemi covid-19 telah memberi ujian kepada capaian kemajuan di segala lini," sebut Ketua DPRD Muhammad Faisal dalam pidatonya.

Saat ini, lanjut Ketua DPRD, beberapa hal yang masih perlu dibenahi untuk mewujudkan Kabupaten Kampar yang sejahtera diantaranya adalah masih perlunya meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih merata bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kampar.

"Kita masih perlu memperkuat sistem penanggulangan bencana yang terpadu dan terkoordinasi dan kita juga masih perlu menyempurnakan sistem jaminan sosial dan juga memperkuat regulasi untuk mencegah krisis ekonomi," terang Muhammad Faisal.

Sementara itu Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH menjelaskan bahwa saat ini kondisi cukup berat dalam membangun di tengah pandemi. Sehingga Bupati Kampar mengajak semua elemen masyarakat bisa bersama-sama bahu-membahu membangun Kampar dan menjaga yang sudah ada.

"Basamo Mambolo Nagoghi merupakan kelanjutan dari tema dari Tali Bapilin Tigo, menuju Kampar lebih sejahtera. Di usia yang ke-71 tahun bukan lagi usia muda," kata Bupati.

Progres pembagunan yang telah dicapai, lanjut Bupati, untuk kesehatan pengadaan mobil ambulan untuk setiap desa sebanyak 140 unit ditambah 8 ambulan air. Untuk penanganan Covid-19 Pemda Kampar alokasikan anggaran Rp 18,6 miliar dalam langkah memutus dan mencegah penyebaran Covid-19 dan program penanganan stunting yang kini hasilnya sangat menggembirakan.

Selanjutnya Bidang Pariwisata tetap mencapai target dan masuk tiga besar dalam ajang Pesona Indonesia dengan pariwisata Kampar di Air Terjun Batu Nilam Pangkalan Kapas. Bidang keuangan mendapat predikat WTP dan tanpa ada gagal bayar. Kesepahaman dengan Kejari Kampar maslah pengamanan aset daerah (mengembalikan aset berupa kendaraan dan lahan). Bidang infrastruktur terus digesa agar tidak ada lagi wilayah Kampar yang tidak tersentuh pembangunan.

"Pemda Kampar terus bekerja keras membangun pemerataan pembangunan di Kampar, sehingga semua daerah bisa diakses menggunakan jalan darat," terang Bupati.

Kemudian didang perumahan dan pemukiman untuk bedah rumah dari APBD Kampar sebanyak 362 unit, APBN 67 unit, dan BSPS 1.425 unit.

"Selaku kepala daerah kami menyadari banyak kelemahan dan kekurangan, kami mengharapkan masukan, saran dan kritik untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dapat direalisasikan. Saya mengharapkan agar semua lapisan masyarakat dapat mendukung visi dan misi kabupaten Kampar," ajak Bupati.

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar diwakili Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Kampar dari tahun ketahun semakin maju dan bermarwah. Megelola semua potensi dan kekuatan yang ada untuk memacu pembangunan di segala bidang, sehingga berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat secara keseluruhan.

"Makna terkandung Basamo Mambolo Nagoghi mengingatkan kita kepada semangat pendahulu dalam membentuk kabupaten Kampar. Semoga kabupaten Kampar dapat maju dan berkembang pada masa kedepan. Peran serta komponen masyarakat harus menjadi pilar utama. Mari bersama-sama dan bersungguh-sungguh dalam membangun Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau," pungkasnya. (das)

<br />
<b>Notice</b>:  Undefined index: Judul in <b>/home/u1046844/public_html/datariau.com/theme/detail.php</b> on line <b>294</b><br />
Ketua DPRD Kampar saat memimpin Sidang Paripurna Istimewa HUT ke-71 Kabupaten Kampar.

Sekwan DPRD Kampar Ramlah MSi membacakan sejarah berdirinya Kabupaten Kampar.

Bupati Kampar saat menyampaikan pidato.

OPD di Lingkup Pemkab Kampar yang hadir di sidang paripurna istimewa.

Para Anggota DPRD Kampar yang hadir di sidang paripurna istimewa.

Para tamu yang hadir di sidang paripurna istimewa.

Para tamu yang hadir di sidang paripurna istimewa.

Wakil Gubernur Riau saat menyampaikan pidato.

Suasana sidang paripurna istimewa HUT ke-71 Kabupaten Kampar di DPRD Kampar.

Bupati Kampar memotong nasi tumpeng.

Penyerahan nasi tumpeng kepada Bupati Kampar.

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com