[VIDEO] Mahasiswa Mendapat Kekerasan Saat Demo PTPN 5 Sei Pagar

Datariau.com
1.067 view
[VIDEO] Mahasiswa Mendapat Kekerasan Saat Demo PTPN 5 Sei Pagar

TAMBANG, datariau.com - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Kecamatan Tambang (IMKT) melakukan aksi demo ke PTPN 5 Sei Pagar, Senin (5/10/2020). Mereka menuntut perusahaan plat merah tersebut perhatian kepada dunia pendidikan sekitar perusahaan khususnya Kecamatan Tambang.

"Sejak berdiri sekitar tahun 1985/1986 PTPN 5 Sei Pagar dirasa oleh mahasiswa serta masyarakat tidak menjalankan Undang Undang dan Perda nomor 6 tahun 2012 pasal 7 ayat 2 terhadap masyarakat Kecamatan Tambang dalam menyusun program masyarakat sasaran, oleh karena itu mahasiswa melakukan aksi," kata Andre Gunawan, Koordinator Lapangan Aksi IMKT, kepada datariau.com.

Dalam aksi ini mahasiswa membentangkan spanduk bertuliskan "Dimana peran BUMN (PTPN V) Sei Pagar terhadap dunia pendidikan di Kecamatan Tambang. Mahasiswa dapat apa..??"

Aksi ini dilakukan Ikatan Mahasiswa Kecamatan Tambang yang bersal dari berbagai universitas di Riau juga nasional.

Aksi semakin panas saat mahasiswa membakar ban sebagai simbol bahwa semangat perlawan terhadap ketidakadilan PTPN 5 kepada mahasiswa Kecamatan Tambang.

"Di dalam Perda nomor 6 Tahun 2012 pasal 11 Ayat 1 dan pasal 12 sudah tegas menjelaskan bahwasanya perusahaan yang berdiri di daerah dimana perusahaan itu didirikan mengharuskan menjalankan hukum yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat, namun ketika Ikatan Mahasiswa Kecamatan Tambang melakukan audiensi dengan PTPN 5, mereka tidak tahu-menahu tentang tuntutan yang telah kami sampaikan," kata Andre Gunawan dalam orasinya.

Ikhwansyah selaku Koordinator Umum yang juga Ketua Ikatan Mahasiswa Kecamatan Tambang dalam orasinya mengatakan bahwa aksi yang dilakukan IMKT adalah bentuk kekecewaan mahasiswa kecamatan Tambang kepada PTPN 5 Sei Pagar karena tidak peduli bahkan tidak memberikan perhatian kepada mahasiswa dan masyarakat pada umumnya terutama di bidang Pendidikan.

"Maka dengan Ini kami mahasiswa Kecamatan Tambang menuntut PTPN 5 Sei Pagar memberikan beasiswa pendidikan untuk mahasiswa jenjang S1 dan S2 bahkan S3 kepada mahasiswa Kecamatan Tambang setiap awal semester, terhitung mulai tahun 2020-2025 dan seterusnya. Berdasarkan Peraturan Daerah Pemerintah Provinsi Riau Nomor 6 tahun 2012 pasal 11 ayat 1, pasal 12, dan pasal 31 ayat 1," pinta mahasiswa.

Ikhwansyah juga menegaskan jika tuntutan ini tidak dikabulkan PTPN 5Sei Pagar maka mahasiswa Kecamtan Tambang akan melakukan aksi dengan jumlah masa yang lebih basar lagi.

Ramli dari mahasiswa kepada datariau.com menambahkan bahwa pihaknya sangat menyayangkan aksi tersebut tidak diterima dengan baik oleh petinggi PTPN 5 Sei Pagar.

"Cuma pegawai aja, pejabatnya tidak mau keluar, aksi ini kurang mendapat tanggapan, kita akan melakukan aksi lagi sampai tuntutan kami terkabulkan," katanya.

IMKT akan segera menggelar rapat lagi dan beencana melakukan aksi dengan jumlah massa yang lebih ramai ke PTPN 5 Sei Pagar. Karena mahasiswa merasa perusahaan ini tidak mengindahkan aspirasi masyarakat tempatan.

"Sangat tidak ada respon yang baik, padahal sudah 2 kali audiensi ke PTPN 5 tersebut," pungkasnya. (ril)


Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com