[VIDEO] Kunlap Komisi IV DPRD Pekanbaru ke Proyek Pembangunan Islamic Centre

Admin
225 view
[VIDEO] Kunlap Komisi IV DPRD Pekanbaru ke Proyek Pembangunan Islamic Centre
DATARIAU.COM - Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru melakukan Kunjungan Lapangan pembangunan Islamic Center di komplek perkantoran Walikotakota Pekanbaru di kecamatan Tenayan Raya, Selasa 1 September 2020.


Kunjungan tersebut merupakan pertama kali dilakukan Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru guna melihat secara langsung kondisi pembangunan islamic center tersebut.

Kunlap ini dipimpimpin langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono, didampingi Anggota Komisi IV Rois, Wan Agusti, Ali Suseno, dan Nurul Ikhsan.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono mengatakan, dari pantauan yang dilakukan terlihat belum maksimalnya pembangunan islamic center dan kurangnya keselamatan bagi pekerja di lapangan.

Hal yang sama dikatakan anggota komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Rois ketika melihat pembangunan islamic center tersebut.

Dia menilai secara kasat mata perencanaan pembangunan islamic senter ada yang janggal, yakni keramik granit pada bangunan tersebut sudah dipasang sementara pekerjaan lain masih banyak, tentu akan mengakibatkan keramik ini kedepannya akan rusak tergores ketika adanya pekrejaan pembuatan dinding, plafon dan lainnya.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru lainnya Nurul Ikhsan juga menyayangkan saat rombongan Komisi IV DPRD Kota Pekabaru datang melakukan peninjauan tidak diberikan helm safety oleh pihak kontraktor di lokasi.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono mengatakan bahwa pembangunan islamic center yang besar tersebut seharusnya keselamatan kerja yang diutamakan oleh pekerja. Seperti memakai helm keselamatan dan sepatu kerja. Sigit Yuwono berharap pembangunan islamic center agar cepat selesai dan bermanfaat bagi masyarakat kota Pekanbaru.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah yang ikut serta dalam kunjungan mengungkapkan, bahwa progress pembangunan islamic center tersebut pada tahun 2020 ini sekitar 56 persen. Dia optimis sekitar bulan Desember 2020 pembangunan selesai sesuai target kontrak dengan nilai 38 miliar rupiah.

Dijelaskan Edward, kendala pembangunan islamic center yang pada awalnya hanya tercapai target 4 persen dikarenakan dampak covid-19 sehingga pengiriman barang terhadap material terlambat, ditambah PSBB beberapa daerah kemarin menjadi kendala material susah masuk.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono berencana akan memanggil OPD terkait untuk memberikan penjelasan lebih lengkap lagi terkait pembangunan islamic center ini. Komisi IV akan meminta kontraknya seperti apa dan masterplannya yang belum pernah dilihat oleh Komisi IV.

Dalam agenda kunlap ini memang komisi 4 hanya melihat material yang dipakai apa sesuai atau tidak akan diperiksa dan panggil OPD terkait, pengawasnya, dan perencananya. Disanalah nantinya komisi 4 melakukan kroscek mencocokkan kondisi yang ditemukan di lapangan dengan laporan yang diberikan OPD.

Komisi IV DPRD Pekanbaru berharap Islamic Center tersebut menjadi ikon Kota Pekanbaru seperti Masjid Islamic Center yang berada di Kabupaten Rokan Hulu. (*)

Dari kota Pekanbaru Endi Dwi Prasetyo melaporkan.


Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com