Guinness World Records 2019,

Wanita Ini Buat Jarum Jahit Terbesar di Dunia

@ruslandatariau
588 view
Wanita Ini Buat Jarum Jahit Terbesar di Dunia
Gambar: liputan6
Ciptaan Elizabeth ini berhasil masuk Guinness World Records dengan gelar rekor jarum jahit terbesar di dunia.

DATARIAU.COM - Pernahkah Anda melihat jarum jahit dengan ukuran lebih tinggi dari tubuh manusia? Elizabeth Bond, seorang mahasiswa seni dari Wiltshire, Inggris memegang rekor menjahit menggunakan jarum terbesar di dunia dengan panjang 4,24 meter dengan diameter 9,01 cm.

Wanita ini menciptakan jarum sebagai bagian dari proyek besar terakhirnya di Wiltshire College, tempatnya belajar seni dan desain. Elizabeth ingin fokus pada proyek tekstil dan merasa bahwa kegiatan merajut akan menjadi tambahan yang bagus.

Awalnya ia mencoba merajut menggunakan gagang sapu ringan. Namun, ide gilanya semakin berkembang dengan memutuskan untuk membuat jarum terbesar di dunia yang diukur pada 13 Juni 2017 dan sekarang berhasil masuk ke dalam Guinness World Records 2019.

Dilansir dari situs Guiness World Records, Elizabeth berhasil membuat rekor dan mengalahkan ukuran jarum terbesar sebelumnya dengan menambahkan satu meter lebih panjang.

Konsep di balik pembuatan jarum jahit

Konsep di balik instalasi jarum ini adalah untuk memperluas dunia kerajinan dan keterampilan tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Dengan instalasi berskala besar, Elizabeth ingin menarik perhatian banyak orang dengan sesuatu yang tak biasa.

"Mereka berhenti dan mulai memperhatikan. Kemudian banyak orang datang, bertanya, berbicara, tersenyum hingga tertawa," ujar Elizabeth pada pameran karya seninya.

Namun, menciptakan jarum jahit pada skala besar tersebut merupakan tantangan besar bagi Elizabeth.

Agar jarumnya menjadi pemenang rekor, Elizabeth harus bisa merajut setidaknya 10 jahitan dengan menggunakan 10 baris benang di dalamnya.

Material pembuat jarum jahit

"Ketika Anda diharapkan untuk membangun sesuatu yang besar, hal tersebut juga harus bisa difungsikan. Ada beberapa yang harus diperhatikan saat membuat jarum ini, yaitu kepraktisan, berat, kekuatan, dan mampu melenturkan bahan jahitan," jelas Elizabeth.

"Saya melakukan banyak riset sebelum membuatnya. Saya terus memikirkan kembali, menggambar ulang dan mendesain ulang," tambahnya.

Akhirnya Elizabeth mampu membuat jarum dari tabung plastik berongga (polipipe) dengan titik-titik plastik dan tombol-tombol di ujungnya untuk membuatnya cukup ringan untuk digunakan dan dipindahkan.

Tantangan demi tantangan yang ia hadapi semakin mengasah sisi kreatif yang ia miliki dan begitu menikmati setiap proses dan kesempatan yang ada.

Dorongan dari sang ibu sejak masih kanak-kanak

Kecintaan Elizabeth terhadap seni ada dan terus berkembang sedari ia masih kecil ketika ibunya membantu membuat dan mengajarkan prakarya kerajinan tangan miliknya sewaktu masih duduk di bangku sekolah.

Elizabeth menceritakan bahwa ia selalu memiliki dorongan dari sang ibu untuk menjadi kreatif dalam merancang dan membuat suatu karya. Ibunya menanamkan untuk menghasilkan sebuah karya lewat sisa-sisa barang bekas seperti gulungan tabung dan botol.

Wanita ini tak pernah membayangkan bahwa dirinya akan pergi menciptakan jarum jahit terbesar dan dinobatkan sebagai gadis pemegang gelar Guinness World Records.

Berhasil meraih rekor jarum jahit terbesar di dunia

Di balik hasil karya ciptaannya tersebut, dia juga ingin mendorong agar orang lain juga dapat berusaha semaksimal mungkin untuk menggapai impian mereka sendiri.

"Semua orang punya potensi. Tak seorang pun mampu menghentikan mimpi tersebut apabila Anda benar-benar yakin bisa melakukannya. Teruslah berjuang, teruslah maju. Tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?" katanya seraya memberi motivasi.

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: liputan6.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com