Pilkada di Tengah Corona, Membuat Polres Inhu Bekerja Ekstra

Datariau.com
120 view
Pilkada di Tengah Corona, Membuat Polres Inhu Bekerja Ekstra

INHU, datariau.com - Kerja ekstra dan tugas berat yang harus dilaksanakan dengan baik, di saat pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang hampir setahun melanda seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) provinsi Riau dan hingga sekarang belum ada tanda-tanda virus mematikan tersebut menghilang dari negara dan daerah ini.

Sementara, Kabupaten Inhu sekarang sedang melaksanakan tahapan-tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 yang sudah pasti membutuhkan pengamanan ekstra agar pesta demokrasi itu bisa berjalan dengan baik dari tahap awal hingga dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Inhu periode 2021-2026.

Namun, semua tugas yang amat berat itu harus dipikul dan dilaksanakan oleh Kepolisian Resor (Polres) Inhu dengan segala keterbatasan, diantaranya keterbatasan jumlah personel dan sarana pendukung.

"Tugas-tugas berat ini harus kita laksanakan dengan baik, disaat penanganan Covid-19, kita juga harus mampu mewujudkan Pilkada yang aman, damai dan sejuk," ucap Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK di ruang kerjanya, Sabtu 7 November 2020.

Lebih jelas dikatakan Kapolres, selain bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhu, Polres Inhu juga melaksanakan berbagai program dan upaya mengantisipasi serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Pertama, Polres Inhu bersama TNI, Satpol PP dan Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu dua kali dalam sehari terus melaksanakan sosialisasi dan himbauan pada masyarakat untuk mematuhi protokoler kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru.

Kedua, Polres bersama pihak terkait lainnya juga tergabung dalam tim pemburu teking Covid-19 Kabupaten Inhu dengan tugas melaksanakan operasi yustisi sebagai implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) Inhu nomor 63 tahun 2020 tentang protokol kesehatan dan sanksi bagi pelanggar.

Untuk mengoptimalkan penanganan Covid-19 ini, Polres Inhu juga membentuk tim relawan Covid-19 yang tersebar diseluruh Kecamatan di Inhu, saat ini jumlah tim relawan sebanyak 55 orang terdiri dari berbagai unsur masyarakat, yakni tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lainnya dan tidak tertutup kemungkinan jumlah relawan ini akan terus bertambah.

Target dari tim relawan Covid-19 adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan pada setiap kegiatan dan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

"Diharapkan, tim relawan Covid-19 ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi dan membudayakan protokol kesehatan sebagai gaya hidup baru dalam menekan laju pertambahan Covid-19," ujar Kapolres yang dikenal ramah, sederhana dan karismatik ini.

Kemudian, Polres Inhu juga dibantu oleh tim relawan Covid-19 akan fokus terhadap agenda utama dalam menjalankan arahan Presiden Jokowi, Kapolri dan Ketua Satgas Covid-19 yaitu menekan angka infeksi Covid-19 melalui upaya himbauan pendisiplinan masyarakat dengan menerapkan 4 M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Disamping berikan himbau, sosialisasi dan razia yustisi, Polres Inhu juga memiliki program bhakti sosial untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan menyalurkan bantuan sembako diseluruh wilayah Kabupaten Inhu.

Sementara, untuk pengamanan Pilkada, Polres Inhu juga telah melaksanakan berbagai persiapan diantarnya membekali 233 personel dengan pengetahuan tentang Sistem Pengamanan (Sispam) Kota. Pelatihan ini sudah dilaksanakan awal hingga pertengahan September 2020 lalu.

Ketika pelatihan, lanjut Kapolres, ratusan personel dibekali keahlian dan keterampilan untuk menghadapi berbagai kemungkinan terburuk saat berlangsungnya tahapan-tahapan Pilkada, Seperti huru hara yang disebabkan oleh kekecewaan masa salah satu pendukung calon terhadap proses atau hasil Pilkada.

Polres Inhu juga sudah menugaskan sejumlah personel yang telah dibekali pelatihan dan keahlian untuk Pengawalan Pribadi (Walpri) masing-masing calon Bupati dan calon Wabup termasuk Walpri untuk komisioner KPU serta Bawaslu Inhu. (rol)

Penulis
: Rolijan
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com