Dirlantas Polda Riau Ingatkan Masyarakat Jangan Coba-coba Mudik, Ini Sanksi yang Menanti..

Datariau.com
1.042 view
Dirlantas Polda Riau Ingatkan Masyarakat Jangan Coba-coba Mudik, Ini Sanksi yang Menanti..
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah SIK.

PEKANBARU, datariau.com - Mengantisipasi terjadinya arus mudik di Provinsi Riau dalam masa pandemi covid-19, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah SIK menghimbau kepada seluruh masyarakat Riau untuk tidak mudik.

Dimana hal itu diungkapkan Dirlantas Polda Riau Kombes Firman berdasarkan arahan Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono pada saat Video conferens pekan lalu tentang persiapan menghadapi operasi keselamatan dan operasi ketupat 2021.

Kepada datariau.com Kombes Firman menjelaskan bahwa Jajaran Dirlantas agar menghimbau masyarakat tidak Mudik lebaran, mengoptimalkan keselamatan dan keamanan pengguna jalan, serta mematuhi Protokol Covid 19.

“Provinsi Riau sama dilarang mudik keluar provinsi lain, begitu juga sebaliknya yang masuk Riau dari provinsi lain,” ujar Kombes Firman Darmansyah, Senin (12/3/2021) malam.

Dikatakan Dirlantas Polda Riau tersebut, pihaknya akan melakukan penyekatan dibeberapa perbatasan Riau dengan provinsi lain, guna mengantisipasi masuk dan keluarnya masyarakat yang ingin mudik.

“Untuk penyekatan dilakukan di perbatasan Riau Sumbar, Riau Sumut, Riau Jambi, nantinya juga di perbatasan akan di letakkan Pos Pelayanan Ops Keselamatan berupa Memberikan Rapid Antigen Gratis, termasuk di kota Pekanbaru sendiri,” beber Kombes Firman Darmansyah.

Dirinya juga mengingatkan kepada mobil plat hitam yang dijadikan mengangkut penumpang mudik, agar tidak membawa pemudik.

“Bagi mobil plat hitam yang dijadikan mengangkut penumpang mudik, jangan coba-coba bawa pemudik mulai tanggal 6 sampai dengan tanggal 17 Mei 2021, bila ketahuan akan ditindak tegas, termasuk angkutan umum resmi,” ucap Dirlantas Polda Riau Kombes Firman menegaskan.

Sedangkan masyarakat Riau yang ingin berpergian antar kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Riau, menurutnya diperbolehkan.

“Kecuali masyarakat Riau antar kabupaten kota dalam provinsi Riau, misal dari Dumai ke Pekanbaru, atau dari Kuansing ke Dumai diperbolehkan,” terang Perwira Menengah Dengan Tiga Bunga Dipundaknya tersebut.

Ditambahkan Dirlantas Polda Riau bahwa pihaknya akan mengedepankan sikap humanis kepada masyarakat dan sosialisasi yang baik kepada masyarakat Riau untuk taat terhadap protokol kesehatan covid-19.

“Sesuai arahan bapak Kapolda Riau, bahwa jajaran Ditlantas Polda Riau dan Satlantas jajaran Polda Riau agar melaksanakan Operasi Keselamatan ini dengan baik, kedepankan tindakan Preemtif, Prefentif, bahkan efektikan kegiatan sosialisasi yang baik kepada masyarakat Riau, dan beri himbauan kepada masyarakat agar taat terhadap aturan lalu lintas sehingga tidak terjadi fatalitas kecelakaan,” pungkas Dirlantas Polda Riau menyampaikan himbauan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. (den)

Penulis
: Denni France
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com