Yunani Tolak Dialog, Minta Turki Tarik Kapal dari Mediterania

Yoga
44 view
Mata mata politik

DATARIAU.COM - Yunani menyatakan tidak akan melakukan pembicaraan dengan Turki untuk meredam ketegangan di Laut Mediterania timur, kecuali Ankara menarik kapal penelitian Oruc Reis untuk eksplorasi minyak dan gas.

Menteri Luar Negeri Yunani, George Gerapetritis mengatakan jika pihaknya menolak melakukan diskusi selama Turki belum menarik kapalnya dari daerah sengketa tersebut.


"(Yunani) tidak akan duduk bersama untuk melakukan pembicaraan, sementara Oruc Reis dan kapal perang pengawal masih berada di luar sana," kata Gerapetritis kepada radio Parapolitika.


Mengutip AFP, dia juga mengatakan jika Athena 'dengan tegas' menjadikan daerah sengketa tersebut sebagai topik dalam pertemuan dewan Uni Eropa mulai Kamis (15/10).


Pemerintah Yunani diperkirakan akan membahas masalah ini saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas pada Selasa (13/10) malam.


Dalam pesan yang dikirim ke sistem peringatan maritim NAVTEX disebutkan Angkatan Laut Turki mengirim kapal Oruc Reis pada Minggu (11/10) untuk melakukan eksplorasi di daerah sengketa, termasuk di selatan pulau Kastellorizo.


Menurut pesan NAVTEX, kapal itu akan bergabung dalam misi "survei seismik" terbaru oleh dua kapal lain yang disebut Ataman dan Cengiz Han.


Dalam sebuah pernyataan, pemerintah Yunani mengatakan Turki tidak dapat diandalkan dan tidak dengan tulus menginginkan dialog.


Turki dan Yunani telah berselisih mengenai eksplorasi energi di Laut Mediterania Timur sejak Agustus lalu. Kedua negara saling unjuk kekuatan dengan melakukan latihan udara dan mengerahkan kapal perang di perairan strategis antara Siprus dan Pulau Kreta, Yunani.



Bulan lalu, Presiden Recep Tayyip Erdogan memerintahkan untuk menarik Oruc Reis kembali ke pantai dari perairan Mediterania timur demi memberi kesempatan diplomasi. Banyak pihak mengharapkan Ankara dan Athena dapat menyelesaikan ketegangan melalui pembicaraan.

Sumber
: https://m.cnnindonesia.com/internasional/20201013174556-134-557982/yunani-tolak-dialog-minta-turki-tarik-kapal-dari-mediterania
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com

loading...