Waspadai!! 51 TPS di Kelurahan Perawang Kekurangan Form C6 dengan Total 1.638 Lembar

Hermansyah
543 view
Waspadai!! 51 TPS di Kelurahan Perawang Kekurangan Form C6 dengan Total 1.638 Lembar
Surat undangan form C6 dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

SIAK, datariau.com - Hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dibeberapa daerah di Indonesia akan segera dilakukan serentak pada Rabu, 9 Desember 2020. Untuk segera merekap form C6 agar tidak salah digunakan.

Hal ini bermula dari pesan singkat WhatsApp sebagian Anggota KPPS di Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak masih kekurangan mendapatkan formulir C6, undangan memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Padahal hari pencoblosan sudah memasuki kurang dari lima hari. "Ini data atau informasi dari setiap KPPS yang melaporkan kekurangan surat undangan," sebut salah satu Anggota KPPS Kelurahan Perawang yang enggan disebutkan namanya kepada media ini Jumat (4/12/2020).

"Diduga akan ada indikasi pemilih yang bukan tinggal di RT setempat, akan mandapat undangan atau pemilih yang tinggal di RT itu tapi bukan memiliki identitas atau KTP dan KK di TPS itu," ujarnya.

Kembali dia menganalisa bahwa itu dapat dilakukan karena banyaknya DPT yang ada akan tetapi telah pindah atau pulang kampung.

"Sekedar kita waspadai saja, dan bukan menuduh, hanya menganalisa potensi akan adanya penambahan pemilih," ucap dia.

"Saya juga sudah koordinasi dengan PPS agar saat pengembalian berkas Pilbup nanti dilampirkan surat undangan agar ada merching data nantinya," harapnya.

Menanggapi perihal itu, Ketua PPK Kecamatan Tualang Harlen Manurung ST mengatakan bahwa form C6 dapat diperbanyak atau di foto copy sesuai kebutuhan.

"Undangan C6 sudah bisa diperbanyak atau di foto copy, kita sudah intruksikan kepada PPS agar itu perbanyak sesuai dengan kebutuhan yang ada," kata Harlen.

Sementara ini untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang sendiri itu saat ini berjumlah 26 ribu DPT.

"Kalau untuk jumlah DPT di Kelurahan Perawang saat ini sebanyak 26 ribu DPT. Sesuai laporan dari PPS kemarin itu kalau tidak salah saya sekitaran 100 lembar kekuranganya," jelasnya.

Harlen membantah kalau laporan kekurangan itu didapat media ini dari seseorang Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) melainkan dari Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Dari salah seorang KPPS atau dari seorang PPS, saya tidak yakin data ini bapak dapat dari seorang KPPS, karena gak mungkin KPPS tersebut, dan tau dari TPS yang kurang, saya yakin ini dapat data dari PPS," tukasnya.

Dimana sebelumnya, Harlen mengatakan bahwa mendapat laporan untuk kekurangan itu sendiri berkisaran di antara ratusan lembar form C6 tersebut.

"Kita sudah intruksikan kepada PPS agar kordinasi dengan KPPS, dan memang boleh diperbanyak oleh KPPS sesuai kekurangan. Dan nantinya dibuatkan berita acara kekurangan," imbuhnya.

Dihubungi melalui sambungan telepon seluler Ketua KPU Kabupaten Siak Ahmad Rizal SH pada Sabtu (5/12/2020) sore, justru kaget mendengar informasi tersebut, dan menyarankan agar masyarakat lebih aktif untuk melaporkanya ke PPS.

"Aach...dimana itu? Harus lapor itu, KPPS ke PPS lalu PPS ke PPK baru ke KPU, banyak betul itu satu kelurahan? Banyak kali, saya pun terkejut berapa rim itu," tandasnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun datariau.com pada Jumat (4/12/2020) kemaren, setidaknya terdapat 51 TPS dari 73 TPS di Kelurahan Perawang yang ada dengan jumlah bervariasi dan untuk total keseluruhanya, yakni 1.638 lembar.(*)

Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com