Warga Takbir Keliling Dibubarkan Tim Satgas Covid 19 Kampar

Admin
131 view
Warga Takbir Keliling Dibubarkan Tim Satgas Covid 19 Kampar

KAMPAR, datariau.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Kampar melakukan patroli di seputaran Kota Bangkinang untuk Sosialisasi penerapan Protokol Kesehatan sekaligus mengantisipasi adanya takbiran keliling yang akan menimbulkan kerumunan.

Sebelum melakukan Penertiban malam Takbiran, diawali dengan Apel Persiapan Pasukan Satgas Penanganan Covid 19 yang dipimpin Kapolres Kampar diwakili Wakil Kepala Kepolisian Resor (Waka Polres) Kampar, Kompol Rachmad Muchamad Salihi SIK MH yang dilaksanakan di Halaman Kantor Polres Kampar, Rabu malam (12/5/2021).

"Malam ini merupakan malam lebaran Idul Fitri 1442 H, untuk itu mari kita sama-sama menghimbau kepada masyarakat agar tidak berkerumunan dan meniadakan takbiran keliling sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan," kata Waka Polres Kampar Rachmad dalam arahannya.

"Penertiban yang kita laksanakan ini untuk mengantisipasi takbir keliling pada malam Lebaran yang akan menimbulkan kerumunan yang bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang saat ini angka penyebaran Covid 19 masih tinggi di Kabupaten Kampar," lanjut Rachmad saat berikan arahan.

Rachmad berharap, masyarakat dapat menahan diri untuk tidak berkerumunan saat malam takbiran, salah satunya dengan tidak melakukan takbir keliling. Sebab, takbir keliling akan menumbulkan kerumunan.

"Kita akan memulai Pukul 21:00 WIB untuk patroli dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat di seputaran kota Bangkinang sekaligus menertibkan malam takbiran untuk mengantisipasi adanya takbiran keliling dan kerumunan," ungkap Hadi.

Selanjutnya, Kabag Ops Hadi Purnama SIP selaku pimpinan dalam kegiatan patroli mengatakan, seperti biasanya pukul 23:00 WIB pihaknya akan berlakukan jam malam dengan melakukan pembatasan aktifitas masyarakat dan bagi pelaku usaha seperti warung, toko, cafe dan tempat yang mendatangkan kerumunan di sepanjang jalan M Yamin, A Yani, Agus Salim, Panjaitan, Datuk Tabano dan Jend Sudirman agar segera ditutup.

Dalam pelaksanaan kegiatan patroli Satgas Penanganan Covid 19 didapati masyarakat yang berkerumunan dan tidak memakai masker, selanjutnya didapati melaksanakan takbiran keliling dan langsung diberikan himbauan protokol kesehatan dan juga himbauan peniadaan pawai takbiran keliling selanjutnya disuruh untuk pulang ke rumah.

Kegiatan ini berakhir pada pukul 00:00 WIB, Tim gabungan ini terdiri dari personil dari Polres Kampar, Kodim 313/KPR, BPBD, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Kampar. (das/hum)