Ternyata Hal Ini Menjadi Penyebab 'Badai' Covid di India

@ruslandatariau
213 view
Ternyata Hal Ini Menjadi Penyebab 'Badai' Covid di India
Foto: kompas.com
Lebih dari 1.000 orang dinyatakan positif Covid-19 setelah mengikuti ritual mandi massal di Sungai Gangga, India, yang merupakan festival keagamaan terbesar di dunia.

DATARIAU.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, pertemuan massal, rendahnya tingkat vaksinasi, dan adanya varian baru virus Corona yang lebih menular menyebabkan kasus COVID-19 di India melonjak.

WHO menyebutkan, kombinasi ketiga penyebab tersebut menjadi "badai sempurna" yang membuat gelombang kedua COVID-19 yang mematikan di India.

Juru bicara WHO, Tarik Jasarevic, pada Selasa (27/4/2021), memperingatkan agar India tidak menyalahkan varian baru virus Corona sebagai satu-satunya penyebab tsunami COVID-19 yang melanda dalam beberapa pekan terakhir.

Jasarevic menyatakan bahwa perilaku berpuas diri atas capaian berkurangnya kasus COVID-19 juga telah berkontribusi dalam mendorong sistem perawatan kesehatan negara itu berada di ambang kehancuran.

Satu varian baru virus Corona yang ditemukan di India adalah B1617 yang memiliki dua mutasi dianggap lebih menular, menurut beberapa laporan sains dan anekdot awal dari dokter di garda depan.

"Sejauh mana perubahan virus Corona yang bertanggung jawab atas pesatnya peningkatan kasus di negara ini masih belum jelas, karena ada faktor lain seperti pertemuan besar baru-baru ini yang mungkin telah berkontribusi pada peningkatan kasus tersebut," jelas Jasarevic, seperti dikutip laman The Guardian.

Editor
: Ruslan Efendi
Sumber
: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5549620/who-ungkap-penyebab-tsunami-covid-19-
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com