Ternyata di Basira Banyak Nelayan, Tiap Hari Mampu Hasilkan Ikan 500-700 Kg

Samsul
131 view
Ternyata di Basira Banyak Nelayan, Tiap Hari Mampu Hasilkan Ikan 500-700 Kg
Kadis Perikanan Rohil, M.Amin dan anggota DPRD Rohil Fazrul Hidayat Lubis saat meninjau Nelayan di Ampean Rotan.

BASIRA, datariau.com - Masyarakat Kepenghuluan Ampean Rotan, Kecamatan Bagan Sinembah Raya ( Basira) ternyata selain mayoritas petani kelapa sawit, sekitar 20 persen masyarakatnya adalah Nelayan. Yang mana selama ini banyak tidak diketahui oleh masyarakat Basira maupun masyarakat Rokan Hilir umumnya.

Bahkan menurut informasi yang diperoleh dari anggota DPRD Rohil Fazrul Hidayat Lubis SE usai mendampingi kepala dinas perikanan Rohil M Amin ke kelokasi ampean Rotan mengatakan bahwa, Nelayan di ampean Rotan setiap harinya mampu menghasilkan atau tangkap ikan hingga 500 sampai 700 kg, dan hasil ikan tersebut banyak dijual ke luar daerah di kota pinang atau Sumatera Utara.

"Dengan potensi yang ada ini, Insya Allah kita akan kerjasama dengan pemerintah atau dinas terkait untuk melakukan pembinaan kepada nelayan dan pengolahan hasil tangkap ikan di desa ampean rotan ini," ungkap Anggota DPRD Rohil Fazrul Hidayat Lubis kepada datariau.com, Kamis (21/1/2021).

Kemudian lagi, dengan adanya pembinaan dan pengolahan ikan tersebut sehingga ikan di basira tidak hanya dijual keluar dalam bentuk mentah namun sudah jadi matang dan bisa dikonsumsi langsung oleh masyarakat maupun konsumen sehingga juga memiliki nilai tambah bagi nelayan di Ampean Rotan.

"Selama ini dinas perikanan Rohil kurang tau bahwa di Basira ada kepenghuluan yang mampu menghasilkan ikan hampir 500kg-700kg perhari yang ditangkap oleh nelayan kampung," kata Fazrul.


Oleh karena itu, dirinya memanggil langsung kadis perikanan untuk survei langsung ke lokasi guna melihat ikan dan bertemu langsung dengan para nelayan kampung itu sehingga kedepan mereka dapat diperhatikan oleh pemerintah.

"Alhamdulillah Pak kadis sangat mengapresiasi dan beliau sudah berbincang langsung dengan para nelayan," kata Fazrul kembali.

Dijelaskan Fazrul lagi, para nelayan kampung tersebut selama ini melakukan tangkap ikan di sepanjang parit belian hingga ke sungai alam kubu.

Dan adapun jumlah nelayan yang diestimasi oleh kadis saat turun kelokasi kemarin ada sekitar 50 nelayan dan

yang telah dibagikan kartu nelayan oleh perikanan dulu ada 30 nelayan.

"Kita berharap ada perhatian Pemda untuk memfasilitasi baik bantuan alat tangkap maupun bantuan pengolahan dan penjualan," pungkas Fazrul.(sel).

Penulis
: Sela
Editor
: Samsul
Sumber
: Datariau.com