Terkait Diare Jadi Gejala Covid-19, Dokter Sarankan Konsumsi Makanan Matang Saja

Datariau.com
73 view
Terkait Diare Jadi Gejala Covid-19, Dokter Sarankan Konsumsi Makanan Matang Saja

DATARIAU.COM - Beberapa waktu lalu beredar informasi viral tentang gejala baru dari pasien covid-19. Pasien yang disebut sebagai direktur bank tersebut mengalami gejala tidak biasa yakni sakit perut dan diare parah.

Diare parah yang dialami tersebut sampai membuat sang pasien meninggal dunia. Untungnya, istrinya yang juga menderita gejala serupa masih dalam perawatan intensif untuk berjuang melawan masa kritisnya.

Menanggapi hal tersebut, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito Anggarino Damay SpJP membenarkan adanya gejala itu. Diare bisa menjadi salah satu gejala covid-19 karena usus juga memiliki reseptor yang bisa diinfeksi oleh virus corona.

"Jadi, reseptor tidak hanya ada di paru-paru, melainkan juga ada di pembuluh darah, jantung, usus, serta sistem pencernaan," tuturnya ketika dihubungi Okezone, Senin (28/12/2020).

Belajar dari kasus tersebut, dr Vito pun mengimbau kepada masyarakat agar lebih baik mengonsumsi makanan yang dimasak hingga matang. Jika ingin memakan makanan mentah seperti sushi, ada baiknya memilih tempat makan yang benar-benar higienis.

"Kalau saya pribadi jika ingin makan sushi lebih baik saya bikin sendiri," sambungnya.

Akan tetapi jika memang tidak sempat, dr Vito memilih tempat yang benar-benar dipercaya bahwa tempat makan tersebut memang terjamin kebersihannya.

"Jadi misalnya Anda mau makan di restoran sushi, pastikan bahwa kebersihan di restoran tersebut terjamin. Chef-nya memakai sarung tangan ketika membuat sushi, mencuci tangannya dengan baik, serta tidak memegang anggota tubuh atau benda apa pun selama membuat sushi," jelasnya.

Begitu juga dengan mengonsumsi buah-buahan, dr Vito mengatakan bahwa dirinya selalu memilih buah yang masih terbungkus dengan kulitnya. Buah yang dibungkus tentunya lebih terjamin dibanding yang sudah dipotong-potong.

"Begitupun dengan buah, saya lebih baik kupas sendiri kulitnya. Selain itu, saya juga memastikan bahwa tangan saya sudah bersih sebelum mengupasnya. Intinya pilihlah makanan yang dikemas dengan baik," tukasnya.

Source: Okezone.com

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com