Selamatkan Wilayah Adat, Kenegerian Pangean Kuansing Perjuangkan Pengakuan Masyarakat Adat

Admin
293 view
Selamatkan Wilayah Adat, Kenegerian Pangean Kuansing Perjuangkan Pengakuan Masyarakat Adat
Gambar: Jekha
Suasana rapat masyarakat adat.

KUANSING, datariau.com - Kenegerian Pangean yang berada di dalam wilayah administrasi Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, didiami oleh masyarakat Hukum Adat sebelum Abad ke-XIV dan saat ini sudah terdiri dari 17 desa dengan luas wilayah 210.000 hektare dan jumlah penduduk 13.500 jiwa.

Kenegerian Pangean dipimpin oleh Datuk Pangulu Nen Barompek yang memiliki wilayah adat sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Kampar dan Pelalawan, sebelah Timur berbatasan dengan Negeri Peranap, sebelah Barat berbatas dengan Desa Jake dan sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Benai.

Semenjak 20 tahun terakhir, wilayah Adat dan Ulayat terancam oleh keberadaan Perusahaan Hutan Tanaman Industri, Perkebunan Kelapa Sawit berizin dan Perkebunan Kelapa Sawit tidak berizin. Kondisi ini membuat Pimpinan Adat dan masyarakat berupaya menjaga keberadaan wilayah Adat dan Ulayat agar dihormati dan dihargai oleh pihak lain. Namun situasi semakin hari semakin berubah dan ancaman itu semakin nyata merampas hak-hak masyarakat Adat atas tanah, hutan, dan sungai.

Hal ini disampaikan Direktur Kaliptra Andalas, Romes Irawan Putra SH MH kepada datariau.com, bahwa berdasarkan fenomena itu maka Pimpinan Adat telah melakukan konsolidasi dengan Pemerintah Desa dan Kecamatan agar keberadaan wilayah Adat dan Masyarakat Adat Kenegerian Pangean tetap diakui, baik oleh Pemerintah maupun pihak swasta.



"Hasilnya ada kesepahaman bersama untuk mendorong pengakuan dan perlindungan masyarakat Hukum Adat Kenegerian Pangean berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat," terang Romes.

Penulis
: Jekha
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com