Satpol PP Provinsi Riau Lakukan Patroli Rutin dan Operasi Yustisi di Pekanbaru

Datariau.com
251 view
Satpol PP Provinsi Riau Lakukan Patroli Rutin dan Operasi Yustisi di Pekanbaru

PEKANBARU, datariau.com - Dalam rangka menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat Riau khususnya kota Pekanbaru, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Riau, rutin melakukan kegiatan operasi dan patroli trantibum dan tranmas, di lokasi-lokasi yang dianggap vital dan ramai dikunjungi warga Pekanbaru, Sabtu malam (20/12/2020).

Dimana patroli rutin yang dilakukan Satpol PP Provinsi Riau ditengah pandemi covid-19, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Pekanbaru agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat beraktifitas diluar rumah, sesuai yang sudah diterapkan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah provinsi Riau.

Kasatpol PP Provinsi Riau Drs Hadi Penandio melalui Kepala Bidang Operasi Deddy Herman SH yang diwakilkan Kepala Seksi Trantibum Tranmas Satpol PP Provinsi Riau Ekadinata saat diwawancarai Datariau.com, di lokasi usai melaksanakan patroli, menjelaskan bahwa kegiatan patroli tersebut rutin dilakukan pihaknya di masa pandemi covid-19, agar masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan (protkes) yang sudah dianjurkan pemerintah.



"Kita sebagaimana diamanatkan Undang-Undang sebagai penegak Peraturan Daerah menjaga ketentraman ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat. Maka dari itu kami lakukan patroli ini guna menjamin semuanya itu, dan dimasa pandemi ini kami patroli ditempat keramaian untuk menghimbau warga masyarakat agar mematuhi protkes dan memakai masker," papar Ekadinata.

Dikatakan Eka, selama melakukan patroli dan operasi malam ini pihaknya melakukan tindakan teguran lisan dan sanksi sosial. "Ada beberapa orang yang kita beri tindakan teguran dan sanksi sosial, yang kita lakukan itu agar ingin masyarakat lebih mematuhi dan sadar akan kesehatan, bukan takut akan sanksi yang kita lakukan sesuai Perda, dimana ketika masyarakat sudah sadar akan kesehatannya tanpa ada aparat pun masyarakat akan tetap patuh," jelasnya.

"Selain melaksanakan patroli rutin yang kita lakukan malam ini, Satpol PP Provinsi Riau pada siang harinya juga melakukan operasi Yustisi bersama TNI Polri (Polda Riau, red), kepada perseorangan maupun pelaku usaha yang ada di kota Pekanbaru mulai dari bulan September sampai dengan Desember sekarang ini," ucap Ekadinata.



Menurutnya, untuk pelanggar yang tidak mengikuti Perda Provinsi Riau Nomor 04 Tahun 2020 pihaknya bersama tim Yustisi akan berikan sanksi baik perseorangan maupun pelaku usaha. "Dari operasi Yustisi bulan September sampai Desember total teguran untuk perseorangan yang sudah dilakukan ada 2947 orang, sedangkan pelaku usaha ada 1721 pelaku usaha," pungkasnya.

Di akhir kata, Ekadinata menghimbau kepada masyarakat Riau khususnya kota Pekanbaru untuk selalu melakukan ataupun mematuhi protokol kesehatan yang sudah diatur pemerintah pusat maupun daerah.

"Kami berharap kepada masyarakat Riau khususnya Pekanbaru untuk sama-sama memutuskan mata rantai covid-19, dengan cara Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan," ajak Ekadinata selaku Kasi Trantibum Tranmas Satpol PP Provinsi Riau. (den)

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com