Sandi-Risma-Lutfi Bisa Bantu Jokowi Bangun Integritas Kabinetnya

Admin
128 view
Sandi-Risma-Lutfi Bisa Bantu Jokowi Bangun Integritas Kabinetnya

DATARIAU.COM - Kehadiran menteri baru Presiden Joko Widodo telah menghadirkan kabinet yang dapat merekonstruksi persepsi publik.

Sebelumnya, persepsi publik lemah karena ada dua menteri Jokowi yang baru setahun menjabat sudah terjerat kasus rasuah di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Demikian disampaikan pengamat politik Universitas Nasional, Andi Yusran kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (26/12).

Secara khusus, dari enam menteri Andi yang check in ke pemerintahan Indonesia maju, Andi menyebutkan 3 orang yang paling memungkinkan dapat memperbaiki persepsi masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi.

"Luthfi, Sandi dan Risma di tempat yang tepat. Setidaknya bisa ‘merekonstruksi’ persepsi publik yang mengemuka selama ini tentang lemahnya kadar integritas para menteri kabinet," demikian kata Andi.

Andi kemudian memberi catatan kritis bahwa penentuan Budi Gunadi Sadikin merupakan keputusa politik yang tidak tepat.

Meski bukan jabatan karier, seorang menteri idealnya harus memiliki latar belakang baik akademis dan pengalaman skills yang sesuai dengan bidang jabatan.

"Yang kurang pas adalah penempatan Menkes yang jauh dari dunia kesehatan, walaupun menteri adalah jabatan non-karier. Seorang menteri setidaknya perlu memiliki latar belakang baik akademis maupun pengalaman yang sesuai dengan bidang jabatan," pungkasnya.

Source: Rmol.id

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com