Ratusan Jamaah Tarekat Naqsyabandi Kampar Hadiri Haul Ke-98 Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan di Sumut

Midas
274 view
Ratusan Jamaah Tarekat Naqsyabandi Kampar Hadiri Haul Ke-98 Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan di Sumut

KAMPAR, datariau.com - Ratusan jamaah Tarekat Naqsyabandi asal Kabupaten Kampar mengikuti Haul ke-98 Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan yang digelar di Madrasah Besar Besilan Langkat Sumatera Utara yang diperingati setiap tanggal 21 Jumadil Awal setiap tahunnya.

Jemaah yang berasal dari 11 Surau Suluq dari berbagai desa di Kabupaten Kampar berkumpul di Mesjid Baitussalam Desa Batu Belah, Kamis (7/1/2021).


Nantinya para jemaah asal Kabupaten Kampar akan mengikuti acara itu dari tanggal 7-11 Januari 2021.

Demikian disampaikan Ketua Rombongan jemaah Ustadz Syamsul Bahri didampingi ketua jemaah Tarekat Naqsyabandi Desa Batu Belah Ustadz Syamsul Bahri SPdl MPd.

"Tujuan dari ziarah ini adalah untuk mengikuti Haul ke-98 Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan yang biasanya dihadiri puluhan ribu jamaah yang berasal dari berbagai daerah di tanah air bahkan juga diramaikan oleh jemaah yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Brunai, Thailand dan Filipina," ungkapnya.

Lebih lanjut Syamsul menerangkan bahwa untuk tahun 2021 ini karena Pandemi Covid-19 masih mengganas, maka pihak penyelenggara membatasi jumlah jamaah.

Khusus jemaah asal Kabupaten Kampar mendapat giliran kedua. Nantinya selama acara berlangsung, para jemaah akan menginap di rumah-rumah warga yang ada di sekitar tempat acara.

"Puncak acara diisi dengan Ratib (salawat), marhaban, bersanji dan pembacaan Al-Qur'an oleh qori internasional. Selain itu acara ini juga bersama-sama mendoakan keselamatan bangsa," terangnya.


Rombongan yang dilepas oleh Anggota Komisi V DPR-RI Ustadz Syahrul Aidi LC MA bersama Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST.

Dalam sambutannya pria yang pernah beberapa periode menjabat sebagai Legislator Kampar ini berpesan agar selalu memanjatkan do'a agar dihindari dari segala musibah, terkhusus virus Corona yang sedang menimpa rakyat Indonesia.


"Dimasa Pandemi Covid-19 ini berhati-hati itu boleh, seperti menerapkan 3M dan mematuhi Protokol Kesehatan. Tapi jangan was-was (ketakutan). Karena semua itu berdampak terhadap diri kita sendiri," ucap Ustadz alumni timur tengah ini.

"Jangan sampai ziarah ini diniatkan hanya untuk tamasya atau bepergian saja. Tapi jadikanlah untuk wisata hati yang bertujuan untuk menziarahi maqam para ulama agar kita lebih mengingat mati," pungkasnya.


Sementara itu Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST dalam sambutannya juga berpesan hal yang sama.

Pria yang berlatar belakang jemaah surau suluq Desa Pantai Cermin mendukung penuh kegiatan ziarah jemaah Tarekat Naqsyabandi ke Sumatera Utara.

"Untuk diketahui bersama saat ini kami bersama Pemerintah Kabupaten Kampar tengah mempersiapkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Serambi Mekkah. Nantinya ini bertujuan agar Pemerintah hadir disetiap kegiatan keagamaan," ungkapnya.

"Kami berharap kedepannya bisa ikut serta dalam acara ini. Dan marilah kita sama-sama berdoa buat bangsa ini agar para pemimpin bangsa ini tetap amanah dan semoga Pandemi Covid-19 ini segera usai," tutup Faisal. (das)

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com