Penipuan Lowongan Kerja PT Astra, Pria Ini Diringkus Polsek Dumai Kota

Admin
322 view
Penipuan Lowongan Kerja PT Astra, Pria Ini Diringkus Polsek Dumai Kota

DUMAI, datariau.com - Setelah banyak melakukan penipuan kepada masyarakat dengan mengiming-imingi akan bisa memasukkan kerja sebagai security di PT Astra, akhirnya pria paruh baya ini ditangkap Bhanbinkamtibmas Kelurahan Rimba Sekampung Bripka Welky Kurniawan, pada Sabtu (15/11/2020).

Dimana dari tersangka ADP (47) warga jalan Anggur, Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Dumai Kota polisi berhasil mengamankan barang bukti yaitu satu lembar sertifikat satuan pengamanan area, satu lembar kwitansi penerimaan uang.

Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH melalui Kapolsek Dumai Kota Iptu Hardiyanto SE MSi saat dikonfirmasi membenarkan hal itu, penangkapan itu dilakukan atas dasar laporan seorang warga bernama Muhammad Anggi (27) yang merasa ditipu pelaku karena diiming-imingi masuk kerja sebagai security

"Benar, Bhabinkamtibmas Bripka Welky Kurniawan yang ditemani Bhabinkamtibmas Kelurahan Dumai Kota, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Sukajadi mengamankan pelaku penipuan berinisial ADP," ungkap Kapolsek Dumai Kota.

Dikatakan Iptu Hardiyanto, pada saat dilakukan penangkapan, pelaku mengakui bahwa dirinya ada kenalan yang bisa memasukkan orang bekerja sebagai security di PT Astra.

"Pelaku ini mengaku punya kenalanan yang bisa memasukkan orang, tetapi hingga saat ini tidak ada seorangpun dari masyarakat yang diurus pelaku masuk bekerja sebagai security di PT Astra tersebut," paparnya lagi.

Melihat, tidak ada yang benar dari ucapan pelaku, maka Bhabinkamtibmas mengamankan pelaku ke Mapolsek Dumai Kota untuk dilakukan kordinasi dengan Unit Reskrim.

"Ternyata saat Bhabinkamtibmas dan unit Reskrim berkoordinasi, diketahuilah bahwa unit Reskrim ada menerima 7 laporan pengaduan masyarakat yang diimingi-imingi pelaku untuk bekerja sebagai security," ujar Iptu Hardiyanto

Ditambahkannya, pelaku mengakui 7 orang yang melaporkan tersebut, pernah dijanjikannya untuk bekerja sebagai security.

"Pelapor sama sekali tidak pernah mengurus atau mendaftarkan para korbannya ke perusahaan sebagaimana dijanjikannya, sedangkan biaya pengurusan yang diminta oleh pelaku digunakan untuk sehari-hari," pungkasnya.

Kini tersangka beserta barang bukti diamankan di Mapolsek Dumai Kota guna dilakukannya proses penyidikan lebih lanjut.

"Untuk tersangka kita sangkakan dengan Pasal 378 Jo 65 KUHPidana tentang dugaan Tindak Pidana Penipuan," tutup Kapolsek Dumai Kota. (den)

Penulis
: Denni France
Editor
: Riki
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com