Pengurus LAM Riau Kandis Siak 5 Tahun Kedepan Resmi Dikukuhkan

Hermansyah
133 view
Pengurus LAM Riau Kandis Siak 5 Tahun Kedepan Resmi Dikukuhkan
Sekda Siak Drs H Arfan Usman MSi semat tanjak kepada Ketua LAMR Kandis.

SIAK, datariau.com - Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Kandis masa khidmat 2021-2026 Masehi/1442-1447 Hijriyah resmi dilantik, pada Rabu (27/01/2021) yang berlangsung di Balai Adat Lembaga Melayu Riau Kecamatan Kandis.

Giat pengukuhan ini, turut dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Siak Usman Jaya, Upika Kandis, Kapolsek Kandis beserta para Penghulu maupun tokoh dan masyarakat Kecamatan Kandis.

Penetapan dan pengukuhan susunan pengurus Ketua MKA, serta Dewan Pimpinan Harian LAMR Kandis tersebut, Berdasarkan Nomor: SK-01/LAMR-SK/I/2021 Tanggal 24 Januari 2021.

Adapun nama pengurus LAMR Kecamatan Kandis yang dikukuhkan diantaranya, Ketua MKA LAMR Datuk H Hasan Basri sementara sebagai Ketua DPH Datuk H Miswandi.

Sekda Siak Drs H Arfan Usman MPd sematkan tanjak sebagai tanda pengukuhan kepada Ketua MKA LAMR Kandis Datuk H Hasan Basri, dan Ketua DPH LAMR Kandis Datuk H Miswandi, usai pembacaan Surat Keputusan oleh Ketua Umum DPH LAMR Kabupaten Siak Datuk H Wan Said.

Ketua LAMR Kabupaten Siak Datuk H Wan Said menyebutkan, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) dalam seluruh tingkatan memiliki peran strategis ikut serta menyukseskan pembangunan daerah.

Baik itu, bagi seluruh penguyuban yang ada di Kabupaten Siak, Riau saat ini dan merupakan dibawah LAM Riau Kabupaten Siak.

"Tetap berkoordinasi dengan baik, hal ini guna memecahkan berbagai permasalahan di tengah masyarakat melayu, yang tentunya dengan menjunjung tinggi nilai nilai Islam, dimana budaya melayu yang kita junjung bersama hakikatnya bentuk penjabaran dari nilai luhur keislaman," tuturnya.

Datuk Wan Said juga menyampaikan, harapannya kepada seluruh pengurus LAMR Kecamatan Kandis agar dapat mengemban amanah dengan sebaik baiknya.

"Saya berharap kepada seluruh pengurus LAMR Kandis yang baru dilantik agar dapat menjalankan amanah memajukan Budaya Melayu sebagai penopang utama pembangunan daerah Kabupaten Siak," ujar Wan Said.

"Dan ini merupakan titik awal pengembalian kejayaan nilai nilai, serta norma dalam adat budaya Melayu sebagai hulu dari integritas," tandasnya.

Sementara itu, Sekda Siak Arfan Usman menyampaikan, sebuah lembaga tidak terkecuali Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Kandis sudah semestinya menjalankan organisasi harus berdasarkan peraturan yang berlaku.

"Semua lembaga termasuk LAMR Kandis ini dalam menjalankan organisasi perlunya Surat Keputusan sebagai dasar hukum serta pedoman dasar," sebut dia.

"Saya yakin, dan percaya setelah SK kepengurusan terbit kepada pengurus baru di lantik, maka akan dapat melaksanakan tugasnya sesuai tupoksi yang diberikan dalam kepengurusan LAMR, dan bersinergi dengan pemerintahan yang ada," ucapnya.

Lembaga adat ini, menurut Arfan Usman, merupakan lembaga yang diakui keberadaannya oleh pemerintah dan memiliki fungsi ikut serta membantu pemerintah dalam seluruh aspek pembangunan, terutama dalam upaya pelestarian adat budaya Melayu di Negeri Junjungan.

"LAMR merupakan lembaga yang di akui oleh pemerintah daerah, tentunya kami pihak pemerintah daerah keberadaan kepengurusan LAMR Kandis ini dapat ikut serta membantu Pemda di seluruh aspek pembangunan, terutama dalam upaya pelestarian budaya Melayu," pungkasnya.(*)

Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com