Pengukuhan Pengurus Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari Periode 2021-2026, Berikut Struktur Kepengurusannya

Jekha Saqban Saputra
1.231 view
Pengukuhan Pengurus Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari Periode 2021-2026, Berikut Struktur Kepengurusannya
Foto : Jekha
Penghulu Nan Barompek Kenegerian Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Resmi mengukuhkan Pengurus Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari Periode 2021-2026, pada Ahad (11/4/2021) lalu.

KUANSING, datariau.com - Penghulu Nan Barompek Kenegerian Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Resmi mengukuhkan Pengurus Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari Periode 2021-2026, pada Ahad (11/4/2021) lalu.

Adapun tertulis didalam Naskah Pengukuhan Pengurus Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari periode 2021-2026, Ketua (Darwis Datuk Malin Mudo), Sekretaris (Nerdi Wantomes SH), Bendahara (Yulizar), Anggota (Mega Putra dan H Gusnadi).

"Kami Penghulu Nan Barompek percaya bahwa saudara-saudara akan bekerja sesuai dengan adat istiadat yang bersendikan syarak dan berpayungkan perundang-undangan yang berlaku." Tertanda didalam Naskah Pengukuhan, Penghulu Nan Barompek, Penguluh Melayu (Syafrilis Dt Rajo Penguluh), Penguluh Poliang (Umar Husin Dt Mangkuto Simarajo), Penguluh Caniago (Rusman Abas Dt Penguluh Rajo), Penguluh Petopang (H Maryulis Qadi Dt Reno).

Dalam acara tersebut Datuk Seri Pebri Mahmud juga hadir dan menyampaikan sambutannya, dirinya mengatakan jangan alergi terhadap Lembaga Adat Melayu Riau.

"Jangan alergi dengan Lembaga Adat Melayu Riau, Lembaga Adat Melayu Riau itu adalah Lembaga Adat yang menjadi Konsensus bersama masyarakat Riau yang ada di Provinsi Riau." Terang Datuk Seri Pebri Mahmud.



Selain itu, Darwis Datuk Malin Mudo saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa tujuan digelarnya acara Pengukuhan Pengurus Lembaga Musyawarah Adat dan Penobatan Datuk Bandaro Lelo Budi ini adalah untuk melengkapi perangkat Adat di Kenegerian Kari, yang dari dulu disebut-sebut sebagai orang besar di Negeri.


"Acara ini digelar untuk memperdayakan Adat, memberi pembelajaran Adat kepada anak cucu kemenakan," ucap Datuk Malin Mudo.


Lanjut Datuk Malin Mudo, dirinya berharap agar Adat Istiadat betul-betul dipahami, "Kedepannya adat Istiadat itu betul-betul bisa dipahami oleh anak cucu kemenakan kita nantinya." Ujar Datuk Malin Mudo.


Nerdi Wantomes SH selaku Sekretaris Lembaga Musyawarah Adat Kenegerian Kari periode 2021-2026 juga menambahkan, "Ingin menyatukan warga masyarakat Kenegerian Kari khususnya. Menyatukan dalam satu ikatan, yaitu dibawah naungan Datuk Bandaro Lelo Budi." Singkatnya dengan tegas.


Acara ini dilaksanakan guna untuk menjalin silaturrahim masyarakat Kenegerian Kari untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H / 2021 M. Dengan adanya momen ini, masyarakat bisa berkumpul bersama dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan. (jss)

Penulis
: Jekha Saqban Saputra
Editor
: Jekha Saqban Saputra
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com