Pemkab Siak Dukung PSN Pembangunan SUTT 150 KV Perawang-Siak

Hermansyah
231 view
Pemkab Siak Dukung PSN Pembangunan SUTT 150 KV Perawang-Siak
Pemkab Siak rapat kordinasi pembangunan SUTT 150 KV Perawang-Siak.

SIAK, datariau.com - Bupati Siak Drs H Alfedri MSi sambut baik rencana pembangunan infrastruktur tenaga kelistrikan di Kabupaten Siak yang dilakukan oleh PLN UIP Sumbagteng.

Rencananya, PLN UIP Sumbagteng akan membangun jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV membentang mulai dari Perawang hingga Siak. Dengan target pada bulan Juni 2021.

Salah satunya termasuk pembangunan proyek Gardu Induk (GI) yang terletak di Mempura akan segera di operasikan.

Ini merupakan upaya pemerintah dalam mengatasi krisis listrik di wilayah Kabupaten Siak dan pada umumnya di Sumatera Bagian Tengah.

Pemkab Siak juga mengusulkan dapat memenuhi kebutuhan listrik di Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) maupun Pelabuhan Tanjung Buton.

"Hari ini kita menerima audiensi dari Manajemen PT PLN UIP Sumbagteng yang akan membangun jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV dari Tualang ke Siak," kata Alfedri.

"Dan ini merupakan proyek strategis nasional yang di nanti oleh masyarakat Kabupaten Siak. Kami support dengan rencana ini," ujar Bupati Siak di rang Pucuk Rebung, pada Rabu (27/1/2021).

Pemaparan yang disampaikan PLN, rencana pembanguan tower di sepanjang jalur Perawang menuju Siak terdapat sejumlah persoalan diantaranya, pembebasan lahan dan harga tanah yang di anggap sebagian pemilik lahan rendah.

"Saya minta kepada pak Camat, Penghulu dan Kabag pertanahan tolong bantu pendekatan dengan masyarakat, atau sosialisasi kembali, intinya dalam pembebasan lahan yang akan dibangun tower ini dapat selesai," tandasnya.

Perihal penerbitan IMB Tower SUTT, Bupati Siak meminta kepada pihak PLN agar duduk bersama dan berkomunikasi dengan Dinas PU Tarukim Siak, karena Pemkab Siak memiliki Peraturan Daerah tentang restribusi IMB.

"Kendala di lapangan kita bantu, dan kita kawal, prinsipnya kita sangat dukung proyek strategis nasional SUTT ini. Harapan kami selesai sesuai target, sehingga dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat, salah satu contoh jalan tol Minas," tandasnya.

Manejer Bagian Pertanahan, Erik Winada menjelaskan, Pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV Perawang-Siak dibagi dua sesi, sesi satu 44 persen dari 106 tower sudah selesai pembebasan lahan, kemudian tahap dua 72 dari 96 lahan telah dibebaskan.

"Hanya saja ada beberapa titik yang menemui kendala, ada di lahan BUMN PTPN V, dan lahan murni swasta dan lahan masyarakat. Proyek ini tidak akan berjalan lancar tanpa dukungan dari Pemkab Siak," ungkapnya.

Jika pembangunan SUTT 150 KV Perawang-Siak berjalan dengan baik. Maka daya listrik dapat terpenuhi, dan pihak PLN akan melanjutkan

pembanguan jaringan Siak-Pakning kemudian Siak-Tanjung Buton.

"Insya Allah, target kami di bulan Juni 2021 transmisi jalur Perawang-Siak sudah beroperasi termasuk Gardu Induk yang ada di Mempura juga kita resmikan," pungkasnya.(*)

Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com