Dorong Konsumsi Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2021

Pemerintah Kampanyekan Hari Bangga Buatan Indonesia

Admin
156 view
Pemerintah Kampanyekan Hari Bangga Buatan Indonesia
Foto: Ist.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate serta Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga melakukan perbincangan terkait pencanangan Hari BBI 2021.

Ketua idEA Bima Laga menyatakan ada tiga produk UMKM di Indonesia yang berkembang yakni pakaian, kerajinan dan makanan.

“Fashion, craft dan makanan. Saat ini memang UMKM kita masih kuat di tiga segmen tersebut,” ujarnya.

Pada tahun 2020 lalu, idEA mendukung pelatihan di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) yang bekerjasama dengan BAKTI Kementerian Kominfo.

Kegiatan pelatihan yang dibuka Menkominfo Johnny G Plate tersebut mengundang banyak peminat pelaku UMKM dari daerah 3T.

“Dalam pelatihan tersebut idEA membuka pendaftaran sebanyak 2.500 UMKM, akan tetapi yang mendaftar justru 6.500. Jadi antusiasme daripada UMKM di daerah 3T juga sangat banyak dan sangat berkembang sekali,” tandasnya.

Menurut Bima Laga, misi idEA sejalan dengan komitmen Menkominfo dalam pembangunan infrastruktur secara besar-besaran untuk mendukung migrasi pelaku UMKM ke platform digital.

“Kita juga yakin para UMKM di daerah 3T dan daerah terpencil juga akan meningkat,” imbuhnya.


Mendag Lutfi, Menkominfo Johnny, dan Ketua idEA Bima menandatangani kesepakatan bersama terkait penyelenggaraan Hari BBI 2021.


Sejumlah poin penting yang ditekankan dalam kesepakatan bersama tersebut, yaitu dukungan platform digital dalam kampanye Hari BBI 2021, pemberian fasilitas bebas biaya pengiriman sampai jumlah tertentu oleh platform niaga-el, serta penyampaian laporan penyelenggaraan Hari BBI 2021 dari platform niaga-el ke pemerintah.

“Kesepakatan Bersama ini menjadi dasar kerja sama dan koordinasi yang sinergis dalam penyelenggaraan Hari BBI 2021 dengan para pemangku kepentingan. Diharapkan sinergi dan kolaborasi lintas institusi dan pelaku ekosistem digital melalui penyelenggaraan Hari BBI 2021 dapat mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi,” pungkas Mendag Lutfi. (abd/ril)

Penulis
: Abdul Kadir
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com