Mulai Besok, Wisatawan ke Solo Wajib Rapid Test Antigen

Datariau.com
178 view
Mulai Besok, Wisatawan ke Solo Wajib Rapid Test Antigen

DATARIAU.COM - Wisatawan yang akan bepergian ke Solo saat libur Natal dan Tahun Baru, wajib mengantongi hasil uji cepat atau rapid test antigen. Keputusan tersebut sejalan dengan instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo seperti dikutip dari Solopos, Sabtu (19/12/2020). Rudy menambahkan, aturan itu berlaku untuk wisatawan yang naik pesawat udara, kereta api, maupun bus.

“Lha wong wis karo Pak Gubernur wis ngono, ya wis rampung to. [Pernyataan Gubernur seperti itu, ya selesai kan]. Seluruh pendatang masuk Jawa Tengah wajib membawa rapid test antigen, berarti seluruh Jawa Tengah, termasuk Solo. Kalau mudik, tetap kami bawa ke rumah karantina,” katanya kepada wartawan saat kegiatan Mider Praja, Jumat (18/12/2020).

Keputusan tersebut akan berlaku mulai Minggu (20/12/2020). Rudy menambahkan, Surat Edaran (SE) detail terkait hal tersebut sudah ia tandatangani pada Jumat siang.

Sebagaimana informasi sebelumnya, Pemkot Solo memberlakukan kewajiban karantina di Solo Technopark (STP) bagi pemudik atau perantau yang pulang kampung ke Solo untuk bertemu keluarga saat libur panjang Nataru.

Kebijakan itu tidak berlaku bagi mereka yang berkunjung sekadar berwisata, bekerja, atau keperluan lain asalkan menginap di hotel. Namun untuk wisatawan masuk Solo kini harus menunjukkan hasil rapid test antigen.

Terkait kebijakan karantina pemudik ini, Pemkot tidak membuat posko di terminal, stasiun, maupun bandara. Bus penjemputan juga tidak ada. Pemkot akan lebih mengoptimalkan peran Jaga Tangga untuk mengawasi warga yang mudik.

Jika mereka mendapati ada warga yang mudik akan langsung melapor ke Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo. Selanjutnya, Satgas yang akan menjemput pemudik itu untuk menjalani karantina di STP.

Source: Okezone.com

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com