Mengenal Tradisi Ratib Rambai dan Bakaua yang Mulai Punah

Datariau.com
124 view
Mengenal Tradisi Ratib Rambai dan Bakaua yang Mulai Punah

SUMBAR, datariau.com - Tradisi adalah gagasan yang berasal dari masa lalu namun benar-benar masih ada di masa kini, belum dihancurkan, dirusak, dibuang, dan dilupakan. Tradisi adalah warisan yang dilestarikan dan tidak hilang.

Setiap masyarakat bangsa di dunia memiliki tradisi dan kebudayaan, meski bentuk dan corak yang berbeda-beda dari masyarakat bangsa yang satu ke masyarakat bangsa lainnya.

Tradisi dan kebudayaan secara jelas menampakkan kesamaan kodrat manusia dari berbagai suku, bangsa, dan ras.

Pada masyarakat Melayu Rokan Hilir terdapat tradisi Ratib Rambai, dan pada masyarakat Minangkabau Sumatra Barat juga memiliki tradisi Bakaua.

Tradisi Ratib Rambai merupakan tradisi yang menurut kepercayaan orang yang melaksanakannya adalah untuk menolak bala serta membuang segala bentuk hal-hal buruk dan juga wabah penyakit yang ada di tempat mereka tinggal, bahkan sekelompok masyarakat itu seperti membaca doa secara bersama-sama dengan menggunakan sampan melewati sungai dari makam Datuk Rambai ke Kuala.

Tradisi ini dikhususkan untuk para laki-laki. Pelaksanaan Ratib Rambai dilaksanakan pada hari keempat lebaran Idul Fitri atau di tanggal 4 Syawal.