Jet Israel Sempat Terbang Rendah di Lebanon Sebelum Ledakkan Roket di Hari Natal

Admin
129 view
Jet Israel Sempat Terbang Rendah di Lebanon Sebelum Ledakkan Roket di Hari Natal

DATARIAU.COM - Sejumlah penduduk Lebanon yang tengah merayakan Natal didera ketakutan saat tiba-tiba melihat beberapa jet Israel terbang sangat rendah di langit Beirut Jumat (25/12) pagi waktu setempat.

Selang beberapa menit kemudian, kantor berita resmi Suriah melaporkan telah terjadi ledakan di kota Masyaf, Suriah tengah.

Dikatakan pertahanan udara Suriah "menghadapi rudal musuh dan mencegat sebagian besar dari mereka."

Media Suriah lainnya mengatakan, itu adalah serangan dari Israel yang menyasar wilayah kota di provinsi Hama.

Kementerian Pertahanan Suriah mengeluarkan pernyataan bahwa Israel melancarkan agresi dengan mengarahkan rentetan roket dari utara kota Tripoli di Lebanon menuju daerah Masyaf. Pertahanan udara Suriah berhasil mencegat sebagian besar dari mereka, seperti dilaporkan Arab News.

Belum ada informasi lanjutan apa yang menjadi target dari serangan pasukan Israel itu atau apakah ada korban jiwa.

Jet Israel secara teratur melanggar wilayah udara Lebanon dan sering menyerang di dalam Suriah dari wilayah Lebanon. Namun penerbangan Malam Natal lebih keras dari biasanya, membuat sejumlah penduduk Beirut yang masih trauma atas ledakan Agustus lalu ketakutan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Israel mengakui bahwa mereka telah melakukan puluhan serangan udara di Suriah, yang sebagian besar ditujukan pada dugaan pengiriman senjata Iran yang diyakini menuju Hizbullah.

Belakangan, para pejabat Israel telah menyatakan keprihatinan bahwa Hizbullah sedang mencoba membangun fasilitas produksi untuk membuat peluru kendali presisi.

Masyaf adalah kawasan militer yang signifikan bagi rezim Presiden Suriah Bashar Assad yang mencakup akademi militer dan pusat penelitian ilmiah. Israel telah mencapai sasaran di sana beberapa kali di masa lalu.

Source: Rmol.id

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com