Jenderal Polri vs Kader PDIP 3 Kali Debat di Pilkada Surabaya

Yoga
22 view
Jenderal Polri vs Kader PDIP 3 Kali Debat di Pilkada Surabaya
CNN

DATARIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur bakal menggelar tiga kali debat publik antara paslon Eri Cahyadi-Armuji melawan Machfud Arifin-Mujiaman. Jadwal debat Pilkada Surabaya yakni pada 4 November, 18 November dan 5 Desember.

"Rencananya debat publik akan digelar sebanyak tiga kali. Untuk debat pertama akan digelar pada tanggal 4 November 2020, kedua tanggal 18 November dan terakhir 5 Desember," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Nur Syamsi, Senin (26/10).


Dalam debat publik pertama pada 4 November nanti, pasangan calon akan beradu gagasan dalam tema 'Menyelesaikan Persoalan Daerah, Memajukan Daerah, dan Strategi Penanganan Covid-19'.


Pada debat kedua pada 18 November nanti, mereka akan beradu gagasan seputar Kesejahteraan Masyarakat.


Kemudian pada debat ketiga 5 Desember mendatang, para paslon membahas seputar 'Mensinergikan Pembangunan Daerah Kota Surabaya dengan Pemerintah Provinsi Jatim, Pemerintah Pusat dan Memperkokoh NKRI'.


"Peserta debat nantinya akan memaparkan visi, misi, dan program yang akan diusung. Selain itu, dalam debat publik akan dihadirkan 5 orang panelis dari berbagai universitas yang telah menandatangani pakta integritas guna memberikan pertanyaan kepada paslon," katanya.


Syamsi mengatakan sejumlah panelis pada debat pertama nanti adalah para akademisi dari Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Muhammadiyah Surabaya dan Universitas Brawijaya Malang.


Para panelis tersebut, kata Syamsi, bertugas membedah tema besar debat menjadi sub-sub tema yang nantinya menjadi bahan pertanyaan kepada para paslon dalam debat publik. Pertanyaan itu pun bersifat rahasia.


Dalam teknis pelaksanaannya nanti, KPU pun dengan tegas menerapkan protokol kesehatan. Paslon dibatasi hanya boleh membawa empat orang tim kampanye tanpa arak-arakan. Lalu debat juga akan dihadiri anggota Bawaslu dan Komisioner KPU.


"Gantinya, para pendukung dan masyarakat Surabaya tetap busa menyaksikan jalannya debat melalui siaran langsung sejumlah stasiun televisi," ucapnya.


Debat pertama pada 4 November disiarkan oleh JTV, SBO TV, dan TVRI. Debat kedua 18 November ditayangkan di iNews TV dan BBS TV. Sedangkan debat terakhir yang diselenggarakan pada 5 Desember disiarkan di Kompas TV, NET dan TV9.

Sumber
: https://m.cnnindonesia.com/nasional/20201026213829-32-563033/jenderal-polri-vs-kader-pdip-3-kali-debat-di-pilkada-surabaya
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com