Jalan Basira Rusak Parah, Komisi C DPRD Rohil Sidak Truck ODOL yang Melintas

Samsul
210 view
Jalan Basira Rusak Parah, Komisi C DPRD Rohil  Sidak Truck ODOL yang Melintas
Komisi C DPRD Rohil dan Dinas Perhubungan sidak ke Jalan Lintas Basira,Selasa 19/1.

BASIRA, datariau.com - Komisi C DPRD Rohil Gelar Sidak kendaraan truk Over Dimensi Over Load (ODOL) di Jalan LintasBagan Sinembah Raya ( Basira), Rokan Hilir.

Turunya Komisi C DPRD Rohil di Jalan Lintas Basira ingin melihat lansung truk yang melintas yang melebihi beban tonasa. Karena selama ini jadi keluhan masyarakat Basira, selain jalan tambah parah rusak, musim hujan licin dan kemaru berdebu.

"Kami masyarakat Basira sangat geram kepada perusahaan yang ada di Basira. Tiap hari Armada mereka lewat melintas, selain merusak jalan, juga sangat berbahaya jika melintas truk sawitnya tidak mengunakan jaring pengaman," ujar warga irwan kepada datariau.com.

Menurut warga, meskipun telah dipasang rambu-rambu larangan melintas oleh dinas perhubungan Rokan Hilir, namun hal itu tetap diabaikan oleh truk- truk ODOL para pengusaha yang beroperasi di kecamatan Basira maupun Kecamatan Simpang Kanan.

"Harapan kita kepada Komisi C DPRD Rohil yang turun langsung dapat menindak perusahaan yang tidak mau mematuhi aturan pemerintah tentang rambu-rambu kelas jalan Basira ini," harapnya.

Ketua Komisi C DPRD Rohil Muhariza turun lansung memimpin Sidak ini dan didampingi Anggota komisi C DPRD Rohil Maria Tambunan, Sudirman dan Fazrul Hidayat Lubis serta Kepala Dinas Perhubungan yang diwakili Kabid Perhubungan Darat Hadiyono SH.

"Kita akan memperjuangkan jalan lintas Basira hingga pada titik di mana truk Over Dimensi Over Load ( ODOL) tidak lagi melintas di jalan lintas Basira yang memiliki kelas jalan 3 C ini," tegas Ketua Komisi C DPRD Rokan Hilir Muharriza.

Tidak hanya sampai disini saja, ia akan perjuangkan harapan masyarakat Basira sampai ke tingkat Provinsi Riau dan Pusat.

"Kita akan perjuangkan sampai ke Provinsi Riau, bahkan sampai ke Pusat. Karena apa yang namanya jalan ini adalah urat nadi kita bersama seluruh masyarakat, seperti ini kita kasihan, percuma juga kita membangun jalan tapi perusahaan-perusahaan seenaknya saja membawa buah (sawit) mengeluarkan CPO dengan tidak melihat kekuatan jalan mereka (kenderaan) bisa dikatakan ODOL," cetusnya.

Dalam hal ini, Komisi C DPRD Kabupaten Rokan Hilir beserta juga rekan-rekan dari media, dinas perhubungan, tokoh-tokoh masyarakat, kepolisian mengajak untuk bersama-sama bergerak untuk Rokan Hilir yang lebih baik,.

"Dari sidak itu, kita dapati data dan truck ODOL yang melintas meskipun sudah ada rambu larangan melintas, dan ini akan kita bawa kerapat nanti," katanya.

Dimana dalam sidak tersebut didapati data dan kendaraan ODOL bahwasanya dari dua kenderaan tersebut memiliki muatan melebihi kapasitas jalan lintas Basira yang memiliki kelas lll C seperti tertera pada rambu-rambu yang terpasang di sepanjang jalan Lintas Basira. (sel)

Penulis
: Sella
Editor
: Samsul
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com