Jadi Inspektur Upacara di Hari Santri Nasional, Ini Pesan Kapolda Riau

@ruslandatariau
49 view
Jadi Inspektur Upacara di Hari Santri Nasional, Ini Pesan Kapolda Riau
Foto: Sutrisno Hardi
Foto bersama Kapolda Riau dan pengurus /asatidz Pondok Modern Nurul Hidayah Kecamatan Bantan, dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional.

BENGKALIS, datariau.com - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menjadi inspektur upacara di Pondok Modern Nurul Hidayah Kecamatan Bantan, Kamis (22/10/2020).

Dalam sambutan Menteri Agama yang dibacakan langsung Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan bahwa peringatan Hari Santri tahun ini secara khusus mengusung tema "Santri Sehat Indonesia Kuat".

"Isu Kesehatan diangkat berdasarkan fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali indonesia saat ini tengah dilanda pandemi global Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)," ucapnya.


Dikatakan Agung Setya, tema tersebut merupakan komitmen bersama dalam mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren, "Saya yakin, jika santri dan keluarga besar pesantren bisa melewati pandemi ini dengan baik, insyaallah negara kita juga akan sehat dan kuat," tuturnya.

Tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, lanjut Agung Setya keteladanan, dan sikap kehati-hatian kiai dan pimpinan pesantren merupakan modal utama yang harus dijaga.


"Kita semua berikhtiar agar pandemi segera berlalu. Keluarga besar pesantren, santri, masyarakat indonesia, dan warga dunia bisa melewati pandemi ini dengan baik," harapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis, H Syahrial Abdi mengatakan kita sebagai santri harus memiliki sifat kesantrian yang teguh, dan memberikan nuansa kesantrian pada aktivitas keseharian. Harus ikut memberikan warna dalam perjalanan pembangunan Kabupaten Bengkalis yang lebih maju.

"Seluruh santri harus ikut berpartisipasi dalam pembangunan, setiap santri juga harus teguh memegang prinsip dan jati dirinya, agar apa yang dilakukan sesuai dengan kesantriannya yang berpegang teguh pada agama islam," ungkapnya.


Syahrial juga berharap setiap santri dan seluruh umat islam di Kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, agar dapat memperkuat jiwa religius keislaman dan sekaligus juga jiwa nasionalisme kebangsaan.(rls/tis)

Penulis
: Sutrisno Hardi
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com