Hendri Irawan SH MH: Peristiwa Meninggalnya H Permata Harus Diproses Secara Hukum

Samsul
159 view
Hendri Irawan SH MH: Peristiwa Meninggalnya H Permata Harus Diproses Secara Hukum

TEMBILAHAN, datariau.com - Baru saja terjadi peristiwa diduga penembakan terhadap salah seorang pengusaha dari Batam di Laut Sungai Bela, Kecamatan Kuindra Kabupaten Indragiri Hilir, Jum'at (15/1/21).

Insiden yang menewaskan H Permata ini sampai sekarang pihak media belum mendapatkan data resmi yang menyatakan pihak yang telah bersitegang terhadap pengusaha ternama tersebut sehingga tampak di dada seperti luka terkena tembakan.

Dari peristiwa ini menjadi perhatian khusus dari pengacara Kabupaten Indragiri Hilir, Hendri Irawan SH MH. Dalam wawancaranya ia menyebutkan peristiwa ini harus diproses secara hukum karena banyak kejanggalan yang tersiar di lapangan.

Selain itu, lanjut Hendri yang akrab disapa Bang Iwan ini, perlu adanya kepastian cerita dan ketetapan hukum agar tidak semena-mena dalam melenyapkan nyawa seseorang.

"Kita belum tau ini dari siapa yang melakukan, tapi perlu diketahui penembakan terhadap seseorang yang sempat melenyapkan nyawa seseorang merupakan pembunuhan dan harus diproses hukum," tukas Hendri Irwan, Jum'at (15/1/2021).

Hendri menjelaskan, jikapun itu adalah perlakuan oleh oknum pihak petugas di lapangan yang memang merupakan tugasnya untuk menghalau ilegaloging, tidak meski harus menempatkan ke dada sasaran peluru, karena ada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

"Kita belum tau bagaimana motif dan kronologinya, kejadian ini bisa dikenakan pada pasal 338 walaupun itu dilakukan oleh pihak petugas, terlebih pihak petugas memiliki SOP yang mereka patuhi, setidaknya dia melumpuhkan kendaraan yakni menembak Lambung kapal tapi itu juga sudah betul-betul melewati beberapa tahapan seperti memberikan arahan melalui peringatan pengeras suara," tukasnya.

Atas kejadian ini, Bang Iwan berharap kepada pihak yang berkompeten segera menelusuri peristiwa ini agar tidak menimbulkan persepsi lain dan juga menimbulkan gejolak. Kendati demikian ia juga mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga korban semoga selalu diberikan kesabaran.

"Secepatnya diusut tuntas peristiwa ini agar tidak menimbulkan persepsi lain. Untuk pihak keluarga tetap bersabar dan tetap tempuh jalur hukum menuntut keadilan," imbuhnya.(zon)

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com