Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Minggu Tarai Masih Stabil

Datariau.com
272 view
Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Minggu Tarai Masih Stabil
Foto: Hanifatul Husna
Suasana di Pasar Minggu Tarai.

TAMBANG, datariau.com - Sepekan memasuki bulan suci Ramadhan 1442 tahun 2021, diwarnai dengan naiknya harga sejumlah barang kebutuhan pokok.

Namun dari pantauan di Pasar Minggu Pagi yang berlokasi di Jalan Suka Karya Desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Ahad (18/4/2021) harga kebutuhan pokok masih tetap stabil.

Pagi tadi terpantau pasar yang berada di Simpang Empat Desa Tarai itu dipadati warga. Mereka membeli sejumlah bahan pokok untuk persiapan berbuka puasa. Dimana ketersedian bahan pangan tergolong aman dan untuk harganya pun cukup stabil.

Sejumlah harga kebutuhan bahan penganan tampak masih wajar dan normal, tidak mengalami kenaikan seperti biasanya hampir selalu terjadi.

Adapun harga yang naik cukup signifikan hanya di beberapa komoditi seperti cabai, daging ayam, dan daging sapi.


Kabar inipun tentu disambut bahagia karena mengurangi beban masyarakat.

Komoditi yang mengalami kenaikan mulai dari cabai dengan harga Rp 40 ribu perkilo naik Rp 60 ribu perkilo.

Kemudian daging ayam potong dari harga Rp 25.000 naik Rp 27.000 hingga Rp 30.000 berdasarkan ukurannya.

Daging ayam kampung dari harga Rp 45 ribu naik Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu dan daging sapi dari harga normal Rp 120.000 perkilo-nya naik Rp 130.000 perkilo.

"Sekarang udah mulai-mulai naik ya. Naiknya ini lantaran banyak orang berbelanja disaat yang bersamaan untuk mempersiapkan menu makanan buat berbuka. Permintaan terus bertambah, stok di pasaran habis, dan harganya jadi meningkat," jelas Amir (48) seorang pedagang ayam potong saat diwawancara di Pasar Minggu Tarai.

Kenaikan beberapa komoditi itu diakibatkan tingginya permintaan namun tidak diimbangi dengan ketersediaan pasokan dari pihak distributor yang sesuai selama Ramadhan.

Sementara harga lainnya masih stabil dan relatif sama dengan bulan kemarin.

"Pasti lah ada yang naik. Meski ada kenaikan harga di beberapa jenis bahan pokok, tapi masih dalam kategori lumrah. Kenaikan harganya masih terbilang standar lah. Mudah-mudahan kedepannya masih murah, sehingga kebutuhan kami masyarakat sampai Idul Fitri nanti terpenuhi," ujar pak Imang (43) salah satu pengunjung pasar.

Harga bahan pokok lainnya masih aman, seperti bawang putih berada pada harga Rp 28 ribu per kilogram, bawang merah kecil Rp 20.000 per kilogram, bawang merah besar Rp 32 ribu per kilogram, telur ayam Rp 1.400 per butir, tomat pada harga Rp 8 ribu per kilogram dan kentang Rp 10.000 per kilogram.

Sedangkan untuk harga kebutuhan lainnya juga tidak mengalami kenaikan. Dimana harga beras premium di harga Rp 15 ribu per kilogram, beras medium pada harga Rp 13.000 per kilogram, minyak goreng dijual pada harga Rp 13,5 ribu per kilogram, kacang tanah pada harga Rp 26.000 per kilogram, kacang kedelai pada harga Rp 12 ribu per kilogram dan ubi kayu dengan harga Rp 2.500 per kilogram.

Antusiasme para pengunjung pasar terpantau sangat tinggi, tak hanya warga sekitar tetapi juga ramai diserbu warga dari desa sebelah bahkan domisili luar desa.

"Kami berharap harga ini bertahan hingga lebaran nanti, sehingga masyarakat tidak terpekik. Apalagi saat ini ekonomi masyarakat tengah sulit betul, akibat dari pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir," tambah Sulastri (39) istrinya pak Imang. (han)

Penulis
: Hanifatul Husna
Editor
: Riki
Sumber
: Datariau.com