Bupati Siak Terima LHP Penanganan Covid-19 Bidang Kesehatan dari BPK Riau

Hermansyah
159 view
Bupati Siak Terima LHP Penanganan Covid-19 Bidang Kesehatan dari BPK Riau
Bupati Siak Drs H Alfedri MSi terima LHP dari BPK Riau.

PEKANBARU, datariau.com - Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Riau kembali menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Tahun 2020, terkait efektivitas dalam penanganan covid-19, pada Bidang Kesehatan di Kabupaten Siak, Riau.

LHP tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau Widhi Widayat kepada Bupati Siak Drs H Alfedri MSi yang berlangsung di ruang rapat kantor BPK Riau di Pekanbaru pada Selasa (29/12/2020).

Usai menyerahkan LHP kepada Bupati Siak, Widhi Widayat mengatakan, bahwa LHP ini terkait penanganan covid-19 di Kabupaten Siak, dan merupakan jenis pemeriksaan yang berguna tujuan tertentu.

Dimana dari hasil pemeriksaan ini, juga nantinya akan disampaikan oleh BPK Perwakilan Riau kepada Pemerintah Pusat. "Kami apresiasi, dan ucapkan terimakasih kepada Pemkab Siak atas kerjasama serta keberhasilanya," ucap Widhi.

"Tentunya dalam hal pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah," tandasnya.

Widhi menjelaskan, bahwa bagaimana BPK berperan serta dan mengawal pelaksanaan penanganan pandemi covid-19, dari sisi keuangan negara yang akuntabel maupun transparan.

Dia menuturkan, BPK juga masih menemukan beberapa permasalahan yang perlu untuk mendapatkan perhatian. Dimana permasalahan itu sebagai temuan BPK juga telah dilampirkan pada LHP dan telah diberikan rekomendasi perbaikan.

Hal ini menurutnya, sesuai dengan pasal 20 Undang Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara yaitu, pejabat wajib menindaklanjuti rekomendasi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK.

Selain itu, pejabat wajib memberikan jawaban atau penjelasan kepada BPK tentang tindaklanjut atas rekomendasi dalam LHP tersebut, selambat lambatnya 60 hari sejak laporan hasil pemeriksaan BPK diterima.

Sementara itu, Bupati Siak Drs H Alfedri MSi tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada BPK Perwakilan Provinsi Riau yang telah memberikan saran serta masukan kepada Pemkab Siak.

"Kami ucapkan terimakasih kepada BPK, selanjutnya kami akan menindaklanjuti apa yang menjadi rekomendasi dari BPK. Hal ini dalam perbaikan pelayanan menanggulangi penyebaran covid-19 di Kabupaten Siak," ujarnya.

Dikatakan Alfedri, LHP ini merupakan audit dari pelaksanaan anggaran penanganan covid-19 yang telah dilakukan beberapa waktu lalu oleh 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Siak yakni, Dinkes, Dinas Sosial, Dishub, Satpol PP, BPBD dan BKD Siak.(*)

Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com