75 Pegawai Tak Lolos, BW: Ada Indikasi SDM KPK Mulai Dihabisi!

@ruslandatariau
206 view
75 Pegawai Tak Lolos, BW: Ada Indikasi SDM KPK Mulai Dihabisi!
Foto: Net
Mantan Komisioner KPK, Bambang Widjojanto.

DATARIAU.COM - Mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto mencium gelagat ada indikasi sumber daya manusia (SDM) di lembaga antirasuah saat ini sedang dihabisi.

Pendapat itu dilontarkan BW sapaan akrab Bambang Widjojanto merespons kabar perihal 75 pegawai KPK tak lolos tes wawasan kebangsaan dan terancam diberhentikan kerja oleh pimpinan KPK.

"Yang mengerikan, kini, batas api kepantasan telah dilanggar. Jika info di media benar, ada indikasi SDM KPK mulai dihabisi," ujar BW kepada CNNIndonesia.com melalui keterangan tertulis, Selasa (4/5).

Menurut dia, pegawai KPK selama ini telah bekerja sepenuh hati karena telah bertaruh nyawa demi memberantas korupsi. Namun, situasi kini sangat berbeda.

"Justru malah mau disingkirkan semena-mena hanya dengan berbekal hasil tes ala Litsus orde baru," ucap dia.

BW lantas menduga situasi yang berkembang saat ini merupakan bagian dari strategi menghancurkan KPK. Sebab, lanjut dia, pada saat yang bersamaan pegawai KPK tengah menuntaskan kasus dugaan korupsi terkait bansos Covid-19, izin ekspor benih lobster, hingga kasus Tanjungbalai yang seluruhnya melibatkan orang-orang berkuasa.

"Apakah ini salah satu misi dan sasaran 'penghancuran' KPK?" ucap dia.

Ia pun menilai indikasi penghancuran KPK dilakukan secara terstruktur dan sistematis, mulai dari revisi UU KPK hingga pimpinan KPK terpilih yang disebutnya sarat kontroversi.

"Keseluruhan proses itu ada di periode kepemimpinan Presiden Jokowi. Inikah legacy 'terbaik' yang akan ditinggalkan beliau untuk diingat sepanjang masa? Saya belum terlalu yakin tapi banyak fakta yang tak terbantahkan atas sinyalemen itu," pungkas Bambang Widjojanto.

Sumber
: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210504123321-12-638297/bambang-widjojanto-ada-indikasi-sdm-kpk-mulai-dihabisi
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com