3 Fakta Penularan COVID-19 di Hotel Mewah Singapura, Diduga Lewat Handuk-Sprei

Admin
151 view
3 Fakta Penularan COVID-19 di Hotel Mewah Singapura, Diduga Lewat Handuk-Sprei

DATARIAU.COM - Belakangan, heboh penularan kasus COVID-19 di hotel mewah Mandarin Orchard Singapura. Ada 13 kasus Corona yang dikonfirmasi Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) berasal dari sumber penularan yang sama.

Dikutip dari Channel News Asia, pada Sabtu (26/12/2020) ada penambahan kasus Corona impor baru termasuk seorang pria yang sebelumnya menginap di Mandarin Orchard. Pria ini diduga berkaitan dengan 13 kasus COVID-19 yang lebih dulu dilaporkan.

Berdasarkan keterangan Kemenkes Singapura, 13 kasus Corona yang sebelumnya ditemukan memiliki 'kesamaan genetik yang tinggi' meskipun berasal dari 10 negara berbeda. Berikut fakta-fakta terkait penularan kasus COVID-19 di hotel mewah tersebut, dirangkum detikcom dari beragam sumber.

1. Penularan diduga dari handuk-sprei

Associate professor Hsu Li Yang dari Saw Swee Hock School of Public Health, seorang ahli penyakit menular, menjelaskan bisa saja penularan COVID-19 bisa terjadi lewat staf hotel atau barang-barang yang ada di hotel mewah tersebut.

"Jika mereka (13 kasus Corona) tersebut tidak bertemu satu sama lain selama mereka menginap, maka bisa jadi staf hotel atau barang-barang yang ada di hotel yang memicu penularan," katanya.

"Apakah penyebarannya bisa melalui handuk dan sprei akan tergantung pada bagaimana ini didistribusikan setelah dibersihkan," lanjutnya.

2. Kasus COVID-19 berasal dari 10 negara

Dr Asok Kurup, Ketua Dokter Penyakit Menular dari Akademi Kedokteran mengaku penularan Corona bisa saja terjadi dari beberapa benda, atau hotel dan ventilasi. Namun, ia menegaskan faktor penularan COVID-19 melalui kontak dekat hingga saat ini masih menjadi cara umum penularan.

"Ke-13 kasus tersebut, yang berasal dari 10 negara berbeda, tertular virus Corona dengan 'kesamaan genetik tinggi', yang menyiratkan bahwa infeksi tersebut mungkin berasal dari satu sumber dan bisa saja terjadi di hotel," jelas Kementerian Kesehatan Singapura (MOH).

3. Ada kasus baru yang diinvestigasi, salah satunya dari Indonesia

Ada empat kasus baru impor COVID-19 yang dilaporkan pada Minggu (27/12/2020) tengah diinvestigasi. Di antara empat kasus tersebut, salah satunya adalah pria berusia 33 tahun yang baru saja kembali dari Ukraina.

Sementara tiga lainnya adalah asisten asisten rumah tangga (ART) yang memegang izin kerja. Termasuk dua orang Indonesia berusia 37 dan 38, dan seorang wanita Filipina berusia 48 tahun.

Source: Detik.com

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com