1.274 Pegawai KPK Lolos Tes Wawasan Kebangsaan

Ruslan
30 view
1.274 Pegawai KPK Lolos Tes Wawasan Kebangsaan
Foto: Net

DATARIAU.COM - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan, sebanyak 1.274 peserta yang lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). Dalam melakukan tes tersebut KPK melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“KPK melaksanakan undang-undang dan semua peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Landasan tugas KPK adalah UU Nomor 19 tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi,” ujar Firli kepada Beritasatu.com di Jakarta, Senin (10/5/2021).

Firli menegaskan, saat KPK fokus untuk melanjutkan proses alih pegawai menjadi aparatur sipil negara (ASN). Proses tersebut sesuai dengan ketentuan UU KPK, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 tahun 2020 tentang Pengalihan Pegawai KPK menjadi ASN, dan Peraturan KPK Nomor 1 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pengalihan Pegawai KPK menjadi ASN.

“KPK, tentu melalui Sekjen KPK, terus berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk pelaksanaannya,” ujar Firli.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron mengatakan, koordinasi perlu dilakukan karena selama ini KPK merupakan lembaga yang mengelola pegawai secara otonom. Sehingga, secara formil, lembaga antikorupsi itu perlu melakukan koordinasi dengan Kempan RB dan BKN yang merupakan institusi yang berwenang dalam manajemen ASN.

"Secara materiil, mengapa itu kami lakukan, karena itu semua adalah proses hukum yang didasarkan pada pemahaman dan kondisi hukum sebelum adanya putusan Mahkamah Konstitusi atas uji materi dan formil terhadap UU KPK," jelasnya. (*)

Sumber: BeritaSatu.com