Masjid Istiqomah Peninggalan Sejarah Kerajaan Rokan

Samsul
267 view
Masjid Istiqomah Peninggalan Sejarah Kerajaan Rokan

DATARIAU.COM - Di Provinsi Riau banyak terdapat objek sejarah, yang sepatutnya kita sebagai penerus bangsa, pemuda pemudi Indonesia terkhusus daerah Riau, melestarikan dan membudidayakan objek sejarah atau peninggalan-peninggalan dari orang tua-tua kita terdahulu agar tetap terjaga dan tidak punah.

Sehingga penerus selanjutnya bisa melihat dan tau apa saja objek sejarah atau peninggalan sejarah yang ada di Riau ini, dan semakin di ingat sampai kapan pun, salah satunya objek sejarah yang berada di Kabupaten Rokan Hulu, Kecamatan Rokan IV Koto, Desa Rokan Koto Ruang.

Sebagai masyarakat dari Rokan Hulu pastinya lebih bangga dan bisa menjaga apa saja peninggalan atau objek sejarah yang ada di daerah nya. Salah satunya ialah peninggalan bersejarah dari kerajaan Rokan yang raja nya ialah raja terakhir dari kerajaan rokan yaitu T Ibrahim yang peninggalan nya berupa masjid, bagi masyarakat atau orang asli dari desa Rokan Koto Ruang atau bahkan dari Kabupaten Rokan Hulu itu sendiri tidak asing dengan masjid ini, apa tak lagi dengan kerajaan Rokan, pastinya lebih banyak tau.

Menurut H Samsi Sani sebagai narasumber yang mengetahui sejarah tentang masjid tersebut mengatakan “Masjid Istiqomah di dirikan pada tahun 1901 oleh masyarakat sekitar yang di pimpin langsung oleh T Ibrahim yang merupakan raja terakhir dari kerajaan Rokan. Yang mana T Ibrahim ini meninggal pada tahun 1944 di taluk Kuantan, yang pernah di tangkap oleh orang jepang pada tahun 1943.

Masjid istiqomah ini dahulunya bernama masjid besar kejaraan, namun sekitar pada tahun 70/80 an, berganti nama menjadi masjid istiqomah kerajaan. Masjid ini dahulunya terbuat dari kayu-kayu bulat yang belum di ukir sama sekali yang disusun rapi sehingga bisa di tempati untuk beribadah, hingga akhirnya orang kerajaan mencari biaya untuk pembangunan masjid ini hingga ke Malaysia, setelah mendapatkan biaya, barulah masjid ini yang awal nya hanya di susun kayu-kayu bulat, beralih ke kayu yang sudah di jadikan papan-papan, seperti papan-papan pada umumnya membuat rumah.

Namun sekarang masjid ini sudah di renovasi, masjid ini besar, luas , hanya saja kubah nya tetap kubah awal di dirikan masjid ini. Dan menjadi masjid raya di Desa Rokan Koto Ruang. Seperti yang di lihat dari gambar di bawah ini. Bentuknya yang terlihat dari luar memang biasa-biasa saja, sederhana, dinding yang belum di warnai, namun jika di lihat dari dalam masjid ini terlihat mewah,luas dan juga nyaman. Dan seperti masjid raya pada umumnya, yang mempunyai fasilitas di masing-masing masjid.

Penulis: Arisma mahasiswi pendidikan sejarah Universitas Riau

Editor
: Samsul
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com