Wali Kota Saweu Santri di Pesantren Darussalam Al-Waliyah, Disambut Abuya Mawardi

Samsul
45 view
Wali Kota Saweu Santri di Pesantren Darussalam Al-Waliyah, Disambut Abuya Mawardi

ACEH SELATAN, datariau.com - Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Baitul Mal memberikan beasiswa kepada anak-anak Banda Aceh yang mendalami ilmu agama di sejumlah dayah dan pesantren.

Saat ini, sebanyak 17 anak Banda Aceh sedang menimba ilmu di Pesantren Darussalam Al-Waliyah, Labuhan Haji Aceh Selatan.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman bersama istri Hj Nurmiati AR berkesempatan mengunjungi ke 17 santri tersebut, Jumat (19/2/2021).


Tiba di pesantren yang berlokasi di Jl Syeikh Muda Wali Al-Khalidi ba'da shalat Jumat, Wali Kota Aminullah yang datang bersama Kepala Baitul Mal Askalani dan Komisioner Aisyah disambut AbuyaMawardi Waly Al-Khalidy, pemimpin ponpes.

"Kedatangan kami kesini untuk menjenguk anak-anak kami yang sedang menimba ilmu agama disini," ujar Wali Kota.

Ia menyampaikan terimakasih kepada Abuya Mawardi yang telah menerima dan memberikan kesempatan kepada anak-anak Kuta Raja menempuh pendidikan di salah-satu pesantren tertua di Aceh tersebut.

"Ini seperti ayah mengunjungi anaknya. Kami hari ini saweu aneuk (Red-kunjungi anak)," ujar Wali Kota dalam Bahasa Aceh.


Lanjut Aminullah, kedatangannya selain ingin bersilaturrahmi dengan Abuya juga bermaksud untuk memotivasi para santri agar menjadi generasi yang berakhlak saleh dan salehah, bersemangat serta memiliki kecerdasan intelektual. Karena, lanjut Aminullah sesuai dengan visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah, pembangunan Kota Banda Aceh ke depan akan diisi oleh generasi-generasi yang berkarakter Al-Quran.


"Ini akan jadi kader terbaik Banda Aceh masa depan. InsyaAllah kami akan terus berjuang memberikan dukungan untuk kebutuhan pendidikan selama di pesantren," ujar Aminullah seraya mengaku sangat bahagia bisa mengunjungi para santri tersebut.

Sementara itu, Askalani mengatakan kunjungan tersebut menunjukkan komitmen dari wali kota dalam rangka merealisasikan visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah. Santri yang menempuh pendidikan di Labuhan Haji itu diberikan beasiswa penuh oleh Baitul Mal yang bersumber dari dana zakat.


Salah-satu santri, Deni menyampaikan terimakasih kepada wali kota dan istri serta Kepala Baitul Mal dan jajaran yang telah meluangkan waktu mengunjungi dirinya dan kawan-kawan.

Kata Deni, kunjungan tersebut menjadikan motivasi mereka bertambah dalam menimba ilmu agama di Aceh Selatan.

Terkait dengan bantuan pemko memberikan beasiswa, Deni menyampaikan apresiasi dimana dia dan rekan-rekan bisa lebih fokus pada proses pembelajaran di dayah karena tidak perlu memikirkan biaya pendidikan. (Mah)

Penulis
: Mahdi Andela
Editor
: Samsul
Sumber
: Datariau.com
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com