Polisi Terjunkan 126 Personel Amankan Pleno KPU Kepulauan Meranti

Samsul
90 view
Polisi Terjunkan 126 Personel Amankan Pleno KPU Kepulauan Meranti

MERANTI, datariau.com- Polres Kepulauan Meranti mengerahkan 126 personel untuk mengamankan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara hasil Pilkada 9 Desember yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat di Afifa Sport Center Selatpanjang, Rabu 16 Desember 2020.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk, mengatakan, ratusan personel tersebut disebar di beberapa titik. Ada yang berjaga dalam ruangan rapat, di luar ruangan, area parkir, dan melakukan patroli.

"Sebanyak 126 personel, 96 dari Polres dan 30 dari Brimob BKO Polda Riau. Para personel ini diterjunkan untuk menjamin keamanan dan kelancaran rapat pleno rekapitulasi yang diselenggarakan KPU," kata Eko Wimpiyanto.

Sebelum rapat pleno dimulai, jelas Eko, pihaknya juga telah melakukan sterilisasi lokasi rekapitulasi. Sterilisasi ini merupakan bagian dari proses pengamanan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

"Kami ingin memastikan situasi Kepulauan Meranti tetap kodusif. Maka setiap tahapan, prosesnya kita kawal dengan menempatkan personel agar berjalan lancar," jelasnya.

Selain untuk menjaga situasi yang kondusif, personel juga bertugas mengawal penegakan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 selama berlangsungnya rapat pleno. Setiap orang yang masuk ruangan rekapitulasi wajib cuci tangan, di cek suhu tubuhnya, dan menggunakan masker.

"Jadi Insyaallah yang masuk sudah sangat steril. Dan di dalam ruangan juga wajib jaga jarak," beber Eko.

Diungkapkannya, pengamanan dilakukan dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum sehingga terwujud situasi kamtibmas yang kondusif.

"Kita harap semua pihak yang mengikuti rapat pleno terbuka ini dapat mengikuti tatib rapat secara baik," harapnya.(Put)

Penulis
: Syahputra
Editor
: Samsul
Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com