Kode Etik

KODE ETIK INTERNAL MEDIA SIBER DATARIAU.COM

Media siber DATARIAU.COM diterbitkan Perusahaan Pers PT. Media Insan Nusantara Digital, beroperasi dengan berpedoman pada UU No. 40/1999 tentang pers dan juga Kode Etik Jurnalistik. Kemudian diatur secara khusus dalam Pedoman Media Siber. Selain sebagai media siber berita, media ini juga memuat artikel-artikel Dakwah Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah. Karena DATA merupakan singkatan dari (DAKWAH & BERITA).

Berita DATARIAU.COM

Berita DATARIAU.COM berasal dari berbagai sumber, yakni dari wartawan DATARIAU.COM, rilis dari pembaca, laporan dari masyarakat, juga dari hasil kutipan media online lainnya yang DATARIAU.COM muat dengan mencantumkan sumber berita, sesuai dengan aturan.

Wartawan DATARIAU.COM

Setiap wartawan DATARIAU.COM diberikan tanda pengenal kartu pers dan namanya tercantum dalam susunan redaksi yang tertera pada website DATARIAU.COM. Wartawan DATARIAU.COM diminta menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik, tidak memuat berita fitnah, hoax, maupun kebencian. Karena sesuai dengan motto DATARIAU.COM “Portal Berita Sesuai Fakta”.

Setiap wartawan DATARIAU.COM yang melakukan pelanggaran Kode Etik Jurnalistik serta pelanggaran hukum dalam menjalankan tugasnya secara sengaja, maka akan diberikan sanksi tegas berupa pemecatan dan namanya akan diumumkan di website DATARIAU.COM selama sebulan yang menerangkan bahwa yang bersangkutan bukan lagi wartawan DATARIAU.COM, serta diwajibkan mengembalikan seluruh atribut media DATARIAU.COM maupun PT. MEDIA INSAN NUSANTARA DIGITAL.

Dalam merekrut wartawan, DATARIAU.COM biasanya dihubungi oleh calon wartawan yang sebelumnya sudah aktif menulis di media massa. Kemudian mereka diminta mengirim KTP dan Foto, selanjutnya redaksi mengeluarkan kartu pers sebagai bekal dalam liputan.
Ada dua jenis pilihan menjadi penulis di DATARIAU.COM, wartawan freelance dan wartawan kontrak. Wartawan freelance dipersilahkan melakukan peliputan untuk DATARIAU.COM. Berita-berita calon wartawan ini akan dipantau terus selama sepekan (7 hari) oleh Pemimpin Redaksi, karena biasanya wartawan freelance baru belajar menulis dan belum profesional. Jika dinyatakan lulus maka namanya masuk di box redaksi (susunan redaksi).

Wartawan freelance juga dibebaskan bergabung di media lain maupun organisasi, pegawai ataupun masyarakat yang ingin memiliki pekerjaan sampingan sebagai penulis. Wartawan freelance juga tidak diwajibkan absen ke kantor maupun rapat, koordinasi hanya via seluler dan pesan elektronik.

Apabila di kemudian hari wartawan freelance menyalahi atau melanggar, baik melanggar aturan internal manajemen DATARIAU.COM ataupun Kode Etik Jurnalistik, maka wartawan tersebut langsung diberhentikan dan atribut pers diminta dikembalikan, kemudian namanya diumumkan di website sebagai pengumuman bahwa yang bersangkutan tidak lagi wartawan DATARIAU.COM.

Wartawan kontrak yaitu seorang memastikan ingin bergabung dengan DATARIAU.COM memenuhi syarat sebagai penulis yang sudah berpengalaman dan profesional, diberikan kartu pers dan dipersilahkan melakukan peliputan di daerah yang telah ditentukan, kemudian membuat berita untuk DATARIAU.COM, evaluasi selama sepekan (7 hari). Jika dinyatakan lulus, maka dilakukan penandatanganan kontrak, satu kali kontrak selama 6 (enam) bulan.

Wartawan diberikan honor dan juga memiliki kewajiban target berita setiap hari. Jika di kemudian hari terjadi pelanggaran, baik melanggar aturan internal manajemen DATARIAU.COM maupun Kode Etik Jurnalistik, maka wartawan kontrak ini diputus kontraknya, seluruh hak dan kewajiban diselesaikan, dan namanya dihapus dari box redaksi, juga diumumkan dalam website DATARIAU.COM bahwa yang bersangkutan tidak lagi sebagai wartawan DATARIAU.COM.

Seluruh wartawan maupun manajemen perusahaan dipersilahkan mencari iklan dan akan mendapatkan fee dari keberhasilannya dalam melobi iklan dengan mitra, namun dilarang keras mendapatkan iklan dengan cara-cara tercela seperti ancaman, menakut-nakuti dengan berita dan cara lainnya yang bertentangan dengan Kode Etik Jurnalistik.

Ketentuan Wartawan

1. Wartawan Freelance
a. Wajib mengetahui dan menjalankan Kode Etik Jurnalistik dalam menulis berita dan aturan internal media DATARIAU.COM
b. Tidak diwajibkan kirim berita setiap hari
c. Tidak ada terikat dengan aturan di perusahaan media PT. Media Insan Nusantara Digital
d. Diperbolehkan dari kalangan manapun yang ingin menjadi penulis
e. Tidak ada honor
f. Dipersilahkan mencari iklan
g. Mendapatkan fee dari iklan yang diperoleh sebesar 50%

2. Wartawan Kontrak
a. Sudah profesional dalam bidang jurnalistik, diutamakan lulus UKW
b. Wajib kirim berita minimal 6 berita/hari
c. Wajib melaksanakan peliputan berita proyeksi
d. Menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan PT. Media Insan Nusantara Digital
e. Tidak terikat dengan organisasi mana pun, parpol, ataupun LSM.
f. Mendapat honor setiap bulan sesuai kesepakatan dalam kontrak
g. Dipersilahkan mencari iklan
h. Mendapatkan fee dari iklan yang diperoleh sebesar 20%

Demikian Kode Etik Internal Media Siber DATARIAU.COM ini disusun. Segala sesuatu yang dinilai bersifat penting dan belum masuk dalam aturan ini, akan dilakukan perbaikan di kemudian hari.