Kukerta Mahasiswa Univrab Disambut Positif Masyarakat Kuansing

Riki
71 view

DATARIAU.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (kukerta) Kelompok 3 Universitas Abdurrab telah selesai melakukan kegiatan pengabdian di Desa Jaya Kopah, Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Penutupan kegiatan mahasiswa ini dihadiri oleh sejumlah perangkat Desa. Mahasiswa kukerta Kelompok 3 Univrab memberikan kenang-kenangan kepada Hendrig Guspi Hendra SP selaku Sekretaris Desa.

Rahman Ali sebagai ketua BPD (Badan Pemusyawaratan Desa) memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada mahasiswa kukerta dari Univrab yang telah banyak membantu di Kantor desa dan telah mengadakan sosialisasi kepada masyarakat terkait protokol kesahatan covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah sehingga masyarakat lebih antusias. Kegiatan ini juga dibarengi dengan pembagian masker dan nutrisi sehingga mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat Desa Jaya-Kopah.

Niluh Hutri Handayani sebagai ketua kelompok-3 mengucapkan terima kasih karena telah menerima kedatangan mereka dengan baik dan memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengabdi kepada masyarakat selama dua minggu dengan melakukan kegiatan program kerja yang telah dibuat, antara lain sosialisasi di SDN 017 dan Posyandu Desa Jaya-Kopah.

"Dimana kami menjelaskan tentang apa itu COVID-19, gejala, penyebab, cara pencegahan, cara memakasi masker dan cara mencuci tangan dengan benar sesuai dengan anjuran pemerintah dan ajakan untuk tetap patuh pada protocol yang telah ditetapkan oleh pemerintah," kata Niluh.

Kemudian mahasiswa juga telah melakukan penyemprotan disinfektan diarea Kantor Desa, Masjid, dan di SDN 017 desa Jaya-Kopah dibantu oleh perangkat desa dan Organisasi PHBI (Peringatan Hari Besar Islam).

Selain itu kegiatan yang dilakukan oleh kelompok-3 yang terdiri dari Niluh Hutri Handayani, Laili Mufidatul Husna, Pauzia Sari, dan Sri Wahyuni adalah memasang spanduk protocol kesehatan di Kantor Desa dan SDN 017 serta memberikan peralatan cuci tangan kepada pihak sekolah.

"Hal terpenting yang kami lakukan adalah menghimbau masyarakat Kuantan Singingi, khususnya Desa Jaya-Kopah Kecamatan Kuantan Tengah untuk menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah agar dapat mengurangi penyebaran COVID-19," ulasnya.

Menurut dosen pembimbing lapangan kukerta Universitas Abdurrab 2020, Syed Agung Afandi MIP, kuliah kerja nyata merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang juga salah satu bentuk dharma universitas. Kuliah Kerja Nyata merupakan matakuliah wajib dengan bobot 4 sks yang dilaksanakan melalui interaksi dengan masyarakat.

"Kegiatan ini dilakukan olah mahasiswa dengan berbagai latar belakang keilmuan. Pandemi Covid 19 saat ini tentu bukanlah suatu penghalang bagi terselenggaranya kegiatan ini. Melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat, hal ini tentu manjadi kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat," pungkasnya. (rls)

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com