Cegah Tindak Kejahatan, Personil Polsek Tualang Gelar Patroli Antisipasi C3 di Tempat Umum

Hermansyah
273 view

Personil Sabhara Polsek Tualang dipimpin Panit Sabhara Aipda Salihin giat patroli C3 di tempat maupun fasilitas umum di wilayah Kecamatan Tualang.

SIAK, datariau.com - Dalam menciptakan situasi yang kondusif dan aman dari aksi kriminalitas, seperti tindak kejahatan pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian dengan pemberatan (Curat) serta pencurian bermotor (Curamor).

Maka, personil Polsek Tualang jajaran Polres Siak melaksanakan patroli C3 sebagai bentuk antisipasi pencegahan agar tidak terjadinya tindak kejahatan khususnya di tempat maupun fasilitas umum di wilayah Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Dimana aksi kejahatan yang disebut dengan Curas, Curanmor dan Curat (C3) ini, sengaja dilakukan personil Polsek Tualang untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di wilayah hukum Polsek Tualang.

Kapolsek Tualang AKP Muhammad Faizal Ramzani SH SIK MH mengatakan, operasi yang disebut dengan kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan (K2YD) maupun C3 ini, Kapolsek Tualang mengintruksikan personil Sabhara Polsek Tualang untuk melakukan patroli, baik di Bank, toko emas (pasar), SPBU dan beberapa tempat dan fasilitas umum lainnya.

Hal ini dilakukan, kata Faizal Ramzani, karena tentunya perlu adanya pendampingan dan memberi rasa aman dan nyaman dengan adanya Polisi ditengah tengah masyarakat.

"Dengan giat ini, tentunya personil Sabhara Polsek Tualang yang dipimpin langsung oleh Panit Sabhara Aipda Salihin siap membantu masyarakat bila adanya gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Tualang," kata Kapolsek Tualang itu.

Menurut perwira lulusan Akpol itu, patroli Sabhara Polsek Tualang dalam antisispasi C3 dilakukan bukan hanya pada pagi hari saja, akan tetapi juga tetap dilaksanakan pada malam hari, ketika masyarakat sedang beristirahat.

Tentunya dalam pelaksanakan patroli antisipasi C3 tersebut, jelas Faizal Ramzani, personil Sabahara Polsek Tualang tetap mengkedepankan Polisi yang Humanis, bila ada masyarakat yang diberikan peneguran di lokasi oleh personil," imbuh AKP Faizal Ramzani SIK, Rabu (16/9/2020).

Dalam giat patroli itu, sebut Faizal Ramzani, Polisi telah menargetkan perihal adanya gangguan dan ketertiban masyarakat. Sepeti halnya senjata tajam (sajam), C3 dan berbagai jenis minuman keras (miras).

"Jika ketika melaksanakan patroli ketika terjaring razia atau patroli saat itu, maka mereka yang kedapatan sajam akan kita tindak secara tegas, tanpa pandang bulu," tandasnya.

Tujuan dari kegiatan tersebut, kata mantan Kasat Reskrim Polres Siak itu, selain mengantisipasi dari aksi kriminalitas atau tindak kejahatan yang menganggu rasa nyaman (Kamtibmas) bagi masyarakat saat beraktifitas di tempat maupun fasilitas umum di wilayah Kecamatan Tualang saat ini.

"Tindakan tegas yang dilaksanakan Polisi di lapangan merupakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Polri dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan penegakan hukum kepada masyarakat dari aksi pelaku kejahatan," ujarnya.

"Sebenarnya, patroli seperti ini, sudah dilakukan sejak lama oleh Polsek Tualang jajaran Polres Siak. Namun, sejak sepekan terakhir, maka patroli akan ditingkatkan kembali, ditambah dimasa masa pandemi covid-19 saat ini," pungkasnya.

Untuk itu, ucap Kapolsek Tualang AKP Muhammad Faizal Ramzani SH SIK MH, kami berharap kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Tualang dalam berkendaraan agar menaati peraturan lalu lintas maupun protokol kesehatan.

"Sementara, bagi masyarakat atau pedagang agar tetap mematuhi intruksi pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Tentunya dengan tetap memakai masker maupun menyediakan media tempat mencuci tangan," tutupnya. (Eman)

Penulis: Hermansyah

Sumber: Datariau.com

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com