Tim BPS Inhil Lakukan Penyisiran Tunawisma Dalam Rangka Census Night Se-Indonesia

Nisa Ramayeni
91 view
Foto: Izon

Kegiatan penyisiran para tunawisma oleh tim Badan Pusat Statistik (BPS)

TEMBILAHAN, datariau.com - Tim Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan penyisiran ke jalanan, terminal, pelabuhan, emperan toko dan pasar-pasar untuk mencari para tunawisma.


Kegiatan penyisiran para tunawisma tersebut dilaksanakan Selasa (15/9/20) malam sampai Rabu (16/9/20) dini hari dalam rangka Census Night atau Hari Sensus yang serentak dilakukan seluruh Indonesia.


Sensus terhadap tunawisma ini dipimpin langsung Kepala BPS Inhil Hartono, dibantu para Staf, personel Polisi Pamong Praja dan Dinas Sosial Inhil. Petugas yang turun langsung menemui mereka yang dibekali dengan alat pelindung diri, seperti memakai masker serta pelindung wajah, dilengkapi sarung tangan dan hand sanitizer, agar aman saat bertugas ditengah pandemi.


“Kegiatan ini bertujuan untuk mencatat penduduk yang tidak mempunyai tempat tinggal dan awak kapal yang sudah 1 tahun lebih tidak pulang,” kata Kepala BPS Inhil Hartono kepada BUALBUAL.com.


"Program Census Night difokuskan untuk menyasar penduduk tunawisma, pengemis, warga yang tidak memiliki tempat tinggal tetap, termasuk orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) yang kerap ditemui di kota Tembilahan dan warga yang kemungkinan tidak terdata di tempat asalnya," jelas Hartono.


Hartono mengungkapkan, BPS Inhil melakukan sensus dini hari bagi mereka yang menyandang status tunawisma karena jam-jam tersebut penduduk tersebut beristirahat dan mudah dicacah sehingga tidak tercatat ganda.


Sejumlah lokasi yang menjadi titik penyisiran seperti kawasan terminal, pasar, emperan toko, pelabuhan, tempat umum atau dibeberapa fasilitas umum lainnya yang berada di Kecamatan Tembilahan dan Tembilahan Hulu.


"Para petugas menyisir beberapa titik yang dianggap sebagai tempat para tunawisma berkumpul bahkan istirahat," ungkap Hartono.(zon)

Penulis: Izon

Editor: Nisa Ramayeni

Sumber: Datariau.com

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com