Puluhan Santri Pondok Pesantren di Perawang Siak Diduga Keracunan Makanan

Hermansyah
3.443 view

Gambar/foto puluhan santri diduga kerancunan makanan saat mendapatkan perawatan.

SIAK, datariau.com - Beredar kabar terdapat puluhan santri salah satu pondok pesantren di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau pada Rabu (16/9/2020) dilarikan ke RSUD Type-D Tualang dan Puskesmas mendapatkan pertolongan dari tim medis.

Informasi yang berkembang saat ini, puluhan santri pondok pesantren itu, diduga mengalami keracunan makanan sehingga harus mendapatkan perawatan dari tim medis di Rumah Sakit maupun Puskesmas di Kecamatan Tualang.

Sebut saja Roysi, seseorang yang mengakui bahwa dirinya merupakan paman dari salah satu santri yang mendapatkan perawatan intensif di RSUD Type-D Tualang setelah diduga mengalami keracunan makanan.

"Informasi di tualang ada anak (santri) keracunan sebanyak 70 orang ya. Sekarang dirawat di Puskesmas Tualang. Ya, keponakan abang kena juga dinda," kata Roysi bukan nama sebenarnya menyampaikan melalui pesan singkat WhatsApp kepada datariau.com, Rabu (16/9/2020) sekira pukul 20.40 WIB.

Isu kerancunan 70 santri pondok pesantren itupun semakin berkembang di tengah masyarakat Kecamatan Tualang melalui Penghulu Kampung Perawang Barat Faizal SHi menyebutkan, bahwa puluhan santri pondok pesantren yang terletak di Jalan Raya Minas-Perawang keracunan makan.

"Ada dapat info santri/wati pondok pesantren Nurul Ilmi Km 12 Perawang Barat keracunan makan siang tadi sebanyak 40 orang?" tanya Ketua Apdesi Kecamatan Tualang itu melalui pesan WhatsApp.

Sebelumnya di RSUD Type-D Tualang, Rabu (16/9/2020) sekira pukul 15.00 WIB, tim datariau.com melihat aktifitas tranportasi atau kendaraan L-300 berwarna putih dengan tulisan lengkap nama pondok pesantren tersebut.

Dimana saat itu, mobil L-300 terlihat membawa salah seorang santri pondok pesantren yang dibawa masuk ke ruangan medis untuk segera mendapatkan pertolongan perawatan medis.

Tanpa curiga, datariau.com meninggalkan lokasi untuk melanjutkan perjalanan menuju acara silahturahmi dan sinergritas antara Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Tualang bersama Ikatan Wartawan Perawang (IWP) yang telah direncanakan.

Kemudian tersiar informasi bahwa puluhan santri yang dirawat mengalami kerancunan makan ini, terlihat mendapatkan perawatan dari pihak Rumah Sakit maupun Puskesmas melalui foto yang menunjukkan puluhan santri terbaring dalam masa perawatan di Rumah Sakit.

"Keracunan makanan," singkat Ketua Pemuda Lembaga Adat Melayu (LAM) Kecamatan Tualang Suryono (Angker) mengirimkan foto bersama keterangan singkatnya melalui pesan WhatsApp kepada datariau.com.

Sementara itu, Direktur RSUD Type-D Tualang dr Amdan dikonfirmasi melalui sambungan seluler pada Kamis (17/9/2020) malam belum memberikan keterangan terkait puluhan santri yang dirawat di RSUD Type-D Tualang saat ini.

Saat dicoba konfirmasi kepada kepala yayasan salah satu pondok pesantren di Kecamatan Tualang, juga belum berhasil ditemui atau dihubungi.

Tim datariau.com masih mengupayakan untuk konfirmasi lebih lanjut untuk dapat dimuat pada pemberitaan selanjutnya. (eman)

Penulis: Hermansyah

Editor: Hermansyah

Sumber: Datariau.com

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com