Kasus Covid-19 di Riau Meningkat Tajam, Ternyata Ini Penyebabnya..

Riki
190 view

PEKANBARU, datariau.com - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, ada lima sebab sehingga kasus Covid-19 di Riau meningkat cukup signifikan belakangan hari ini.

Pertama, menurut Mimi, terjadinya transmisi dari pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri dari rumah yang tidak efektif. Banyak pasien isolasi mandiri mengabaikan protokol kesehatan.

"Ini karena pasien merasa bebas bila di rumah dan tidak ada yang mengontrol," katanya.

Kedua, kesadaran masyarakat sendiri untuk melakukan swab di rumah sakit swasta. Dan bisa saja dilakukan sebagai persyaratan perjalanan bisnis, atau murni untuk mengetahui kondisi fisiknya.

"Ketiga, memang betul-betul ada gejala Covid-19. Jadi sebelum pasien dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, dia sudah rawat inap di rumah sakit suspek dengan menunjukkan gejala corona. Hingga akhirnya dilakukan swab dan ternyata hasilnya positif," urai Mimi.

Dan yang keempat, sambungnya, gencarnya pemerintah melakukan swab massal di perkantoran yang bertujuan untuk melakukan tracking contact dari pasien-pasien positif sebelumnya.

"Kelima, masyarakat masih mengabaikan protokol kesehatan. Dimana kesadaran masyarakat Riau khususnya Kota Pekanbaru dalam menerapkan protokol kesehatan masih rendah," ungkap Mimi Yuliani. (*)

Sumber: https://fixpekanbaru.pikiran-rakyat.com/pekanbaru/pr-41745684/ini-5-penyebab-kasus-covid-19-di-riau-melambung-tinggi

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com