Bupati Kampar Tanam Jagung Bersama Gubernur Riau dan Forkopinda Dukung Program Ketahanan Pangan

Riki
127 view
Foto: Kominfo Kampar

Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH bersama Gubernur Riau Drs Syamsuar serta Forkopimda Provinsi Riau melaksanakan gerakan tanam jagung program ketahanan pangan.

TAPUNG, datariau.com - Sebagai komitmen dalam mendukung ketahanan pangan nasional di tengah pandemi Covid-19, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH bersama Gubernur Riau Drs Syamsuar serta Forkopimda Provinsi Riau melaksanakan gerakan tanam jagung program ketahanan pangan kerjasama PT Arara Abadi, KTH sebar dengan Kodim 0313/KPR tahun 2020, di Desa Bencah Kelubi Kecamatan Tapung, Rabu (16/9/2020).

Areal lahan seluas 25 Ha milik PT Arara Abadi ini nantinya akan dijadikan sebagai lahan pengembangan produksi jagung dan akan dikelola oleh Kelompok Tani Sendang Berkah Aryastya Desa Mukti Sari dengan sistim tumpang sari dalam rangka Ketahanan Pangan.



"Untuk meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, pertanian merupakan salah satu sektor paling tangguh di dunia termasuk di Indonesia dalam sisi produksi. Selain tanaman padi, jagung saat ini menjadi salah satu primadona dalam agribisnis di Indonesia, dikarenakan jagung merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus," kata Bupati Kampar.



Disamping itu juga Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto memberikan apresiasi kepada Dandim 0313/KPR yang telah menjembatani kerjasama antara Kelompok Tani Sendang Berkah Aryastya dan PT Arara Abadi yang membantu para petani sehingga menghasilkan penanaman bersama komoditi jagung yang langsung dihadiri oleh Gubernur Riau serta Forkopimda Provinsi Riau Drs Syamsuar.

"Selaku Pemerintah Daerah, saya mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0313/KPR serta PT Arara Abadi, ini merupakan kegiatan yang sangat baik dalam rangka Ketahanan Pangan di Kabupaten Kampar," ujar Catur.



Bupati Kampar Datuk Rajo Batuah juga menjelaskan, lahan seluas 25 Ha ini merupakan percontohan dan jika berhasil nantinya akan lebih dikembangkan lebih luas lagi sehingga dapat mencapai ketahanan pangan di provinsi Riau.

"Mudah-mudahan dengan semangat para petani yang tergabung dalam kelompok tani ini dapat berhasil dengan baik. Ketahanan pangan ini harus kita pertahankan dan terus ditingkatkan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat, apalagi saat Pandemi Covid-19 saat ini, jangan sampai kita kekurangan pangan atau krisis pangan," ujar Catur.



Hadir pada acara tersebut seluruh unsur Forkopimda Provinsi Riau seperti Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi, Danrem 031/Wirabima Brigjend Syech Ismed SE MHan, Kapolres Kampar AKBP Muhammad Kholik Sik, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Octavianus M Sinaga SSos MIPol dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Fahmil SE. (das/kmf)

Penulis: Mirdas Aditya

Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com