Keluarga Breonna Taylor Korban Penembakan Polisi AS Dapat Ganti Rugi Rp178 M

Ruslan
70 view
Sumber foto: unsplash.com/Logan Weaver.

Ilustrasi Breonna Taylor. 

DATARIAU.COM - Keluarga Breonna Taylor, seorang wanita kulit hitam berusia 26 tahun yang ditembak dan dibunuh oleh polisi di apartemennya di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat pada Maret lalu mendapatkan ganti rugi dari pemerintah kota Louisville. Dalam kesepakatan itu, Wali Kota Greg Fischer menyatakan akan melaksanakan reformasi kepolisian.


Kasus penembakan Breonna telah menjadi salah satu isu yang diangkat dalam berbagai demonstrasi nasional menentang rasisme dan kebrutalan polisi seperti yang dialami George Floyd.


Dikutip dari Yahoo News, Rabu (16/9), gugatan itu sebelumnya diajukan oleh ibu Breonna, Tamika Palmer pada bulan April lalu atas dugaan penyiksaan, kelalaian dan kekerasan berlebihan dalam penembakan 13 Maret tengah malam oleh petugas polisi yang mengeluarkan surat perintah penggeledahan dalam kasus narkotika.


Penyelesaian tersebut, menurut Fischer, merupakan kesepakatan kedua belah pihak namun bukan berarti pemerintah kota telah melakukan kesalahan.


"Saya tidak dapat membayangkan rasa sakit Nyonya Palmer. Dan saya sangat, sangat menyesal atas kematian Breonna," kata Fischer.


Dia menjelaskan, kesepakatan itu diambil karena pemerintah kota ingin segera menyelesaikan kasus itu dan melakukan perbaikan termasuk reformasi kepolisian yang diperlukan untuk mencegah tragedi seperti ini terjadi lagi.


Fischer menyebut, pihaknya masih menunggu keputusan dari jaksa negara bagian Daniel Cameron apakah tuntutan akan diajukan dalam kasus ini atau tidak


Pengacara keluarga Taylor memuji penyelesaian tersebut, dengan pengacara hak sipil Benjamin Crump mengatakan dia yakin itu adalah jumlah terbesar yang pernah dibayarkan untuk seorang wanita kulit hitam dalam kasus kematian tidak wajar yang melibatkan polisi.


Namun pengacara juga mengatakan lebih banyak yang harus dilakukan untuk mencapai keadilan bagi Taylor, khususnya tuntutan pidana untuk setidaknya tiga petugas yang terlibat dalam penembakan itu. Crump mengatakan, tuduhan pembunuhan tingkat dua, minimal, harus diajukan.


"Kami menginginkan keadilan penuh, bukan keadilan parsial," tegasnya.


Sementara ibunda Breonna, Tamika Palmer mengatakan ganti rugi itu hanya langkah awal untuk mendapatkan keadilan bagi putrinya.


"Sudah waktunya untuk melanjutkan tuntutan pidana, karena dia (Breonna) pantas mendapatkan itu dan banyak lagi. Semangat dan kepribadiannya yang indah bekerja melalui kita semua di lapangan. Jadi tolong terus sebutkan namanya. Breonna Taylor."


Ditembak Saat Tidur


Kasus penembakan terhadap Breonna menjadi catatan kesekian kalinya aksi kekerasan terhadap warga kulit hitam Amerika Serikat.


Seperti dijelaskan dalam gugatan itu, peristiwa bermula saat polisi akan menggeledah salah satu apartemen untuk memburu tersangka penjual narkoba di Louisville.


Petugas disebut memasuki apartemen Kenneth Walker, pacar Breonna saat keduanya sedang tidur dengan mendobrak tanpa menyebutkan identitas sebagai polisi.


Breonna, yang berprofesi sebagai emergency medical team (EMT), ditembak setidaknya delapan kali dan dibunuh, meskipun tidak melakukan kejahatan dan tidak menimbulkan ancaman langsung bagi petugas, tulis gugatan itu.


Namun pejabat Kota Louisville mengatakan petugas telah bekerja sesuai prosedur dengan mengetuk dan menyampaikan identitas sebagai polisi.


Hal itu dibantah oleh Walker yang mengatakan dia mendengar gedoran di pintu tetapi tidak mendengar polisi menyampaikan identitas mereka. Walker yang terkejut melepaskan satu tembakan dan memukul seorang petugas. Polisi membalas tembakan dan membunuh Taylor.


Louisville Courier-Journal melaporkan bahwa Walker telah menembakkan apa yang kemudian disebut tembakan peringatan dan mengenai Sersan Jonathan Mattingly di paha. Mattingly dan dua petugas lain yang bersamanya, Brett Hankison dan Myles Cosgrove, membalas, kata surat kabar itu. Ketiga petugas itu disebut sebagai tergugat dalam gugatan tersebut.


Surat perintah petugas adalah bagian dari penyelidikan terhadap tersangka perdagangan narkoba yang merupakan mantan pacar Taylor, Associated Press melaporkan.


Kematian Taylor memicu protes di seluruh negeri, karena dia menjadi simbol lain bagi demonstran yang memprotes kebrutalan dan pelanggaran polisi. Pengunjuk rasa, aktivis, atlet, dan selebriti di seluruh dunia telah menyerukan agar para petugas yang terlibat dituntut secara pidana. Kantor kejaksaan hingga kini masih menyelidiki penembakan itu.


Kepala sementara Polisi Metro Louisville Robert Schroeder memberhentikan Hankison pada 19 Juni, menurut kota itu, menuduh dia "membabi buta" menembakkan 10 peluru ke apartemen Taylor. Dua petugas lainnya sedang dalam cuti administratif.


Reformasi Kepolisian


Kematian Taylor menyebabkan reformasi polisi di Louisville. Pada bulan Juni, Fischer menandatangani 'Hukum Breonna' yang melarang penggunaan surat perintah penggeledahan tanpa ketukan.


Fischer mengatakan pemerintah kota setuju untuk membuat beberapa perubahan kebijakan yang melibatkan departemen kepolisian, termasuk program kredit perumahan untuk memberi insentif kepada petugas untuk tinggal di komunitas berpenghasilan rendah tertentu di kota dan rencana untuk memasukkan pekerja sosial di departemen tersebut.


Perjanjian tersebut juga mencakup persyaratan baru bahwa seorang komandan meninjau dan menyetujui semua surat perintah penggeledahan, pernyataan tertulis yang mendukung surat perintah penggeledahan dan matriks risiko sebelum seorang petugas meminta persetujuan yudisial untuk surat perintah tersebut, kata Fischer.


Schroeder mengatakan bahwa saat ini seorang komandan menandatangani surat perintah penggeledahan dalam beberapa kasus tetapi tidak semua. Perjanjian tersebut berarti seorang komandan akan selalu diminta untuk menyetujui setiap surat perintah yang dibuat.(*)

Sumber: https://www.merdeka.com/dunia/kasus-penembakan-breonna-taylor-keluarga-dapat-ganti-rugi-rp178-miliar.html?page=all

Punya rilis yang ingin dimuat di datariau.com? Kirim ke email datariau.redaksi@gmail.com